Analisis strategi pemasaran produk simpanan di BMT El Labana Semarang dalam meningkatkan keungggulan kompetitif

Rosifa, Diennur Fitri (2015) Analisis strategi pemasaran produk simpanan di BMT El Labana Semarang dalam meningkatkan keungggulan kompetitif. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102411037.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alasan peneliti meneliti strategi pemasaran BMT El Labana selain karena peneliti tertarik dengan metode pemasaran BMT EL Labana, di Beringin Asri Ngaliyan Semarang banyak lembaga keuangan mikro lainnnya yang mengharuskan BMT El Labana bersaing secara kompeten dan menjadikan posisi BMT El Labana sebagai salah satu lembaga keuangan syariah harus mampu bersaing secara kompetitif memiliki karakter tersendiri dalam bersaing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah produk apa saja yang diunggulkan BMT El Labana dalam menerapkan strategi pemasaran, dan bagaimanakah strategi pemasaran BMT El Labana dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Metodologi penelitian yaitu dengan jenis penelitian lapangan (fieldreseacrh) sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang di pakai peneliti adalah dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian tentang produk unggulan adalah wadi’ah dan mudharabah:TAMARA (Tabungan/simpanan mandiri sejahtera), TADIKA ( Tabungan/simpanan pendidikan anak), TAQURA (Tabungan/simpanan Qurban/Aqiqoh), TAJAKA (Tabungan/simpanan berjangka). Sedangkan strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT El Labana dalam penjualan produknya yaitu dengan : strategi produk dengan cara menentukan motto, menciptakan merek yang mudah diingat, terkesan modern, dan memiliki arti (dalam arti positif). Strategi harga ditentukan berdasarkan bentuk atau ukuran produk dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing produk. Strategi tempat dalam upaya BMT melayani konsumen tepat waktu dan tepat sasaran, petugas BMT langsung mendatangi nasabah dirumah-rumah atau ditempat mereka berusaha. Strategi promosi dengan cara melalui brosur,promosi penjualan. Dan BMT El Labana juga menetapkan strategi pemasaran seperti menetapkan target dalam hal ini harus ditetapkan beberapa target funding yang akan di himpun agar marketing termotifasi melakukan kinerja yang maksimal. Melakukan inovasi pendanaan. Pencitraan (brand image) mewujudkan bahwa BMT El Labana dikelola secara profesional baik SDM, pembukuan dan pelayanan, pengelola juga menanamkan bahwa BMT El Labana adalah lembaga dari, oleh, dan untuk umat, menanamkan bahwa BMT El Labana sebagai salah satu lembaga yang strategis untuk memberdayakan ekonomi umat, mewujudkan dan membuktikan bahwa simpanan dialokasikan untuk peningkatan kualitas hidup umat. Yang terakhir dengan keunggulan produk misalnya bagi hasil simpanan bersaing dengan lembaga lain, minimal sama, dari segi pelayanan, prosedur pembiayaan, dan simpanan aman, mudah, dan profesional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk perbankan; Lembaga keuangan syariah; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, MM.; Dra. Hj. Nur Huda, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Sep 2015 09:51
Last Modified: 16 Sep 2015 09:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item View Item