Implementasi strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada penjualan produk umroh dan haji plus (studi kasus PT Arminareka Perdana Cabang Semarang)

Dima, Sella Oktavia (2015) Implementasi strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada penjualan produk umroh dan haji plus (studi kasus PT Arminareka Perdana Cabang Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102411160.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi fenomena biro travel haji dan umroh di Indonesia berkembang sangat cepat disertai dengan penerapan strategi yang dijalankan sebuah perusahaan jasa yang dirancang agar mencapai tujuan keberhasilan dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini berjudul” Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix) Pada Penjualan Produk Umroh Dan Haji Plus”( Studi Kasus PT.Arminareka Perdana Cabang Semarang) pada periode 2010 sampai 2014. Dimana tahun 2013 terjadi penurunan volume penjualan dan naik secara significant pada tahun 2014. Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang digunakan adalah dengan menggunakan 7 unsur (7P) yakni: Product, price, promotion, place, people, process, customer service/pelayanan konsumen yang dilakukan PT.Arminareka Perdana Cabang Semarang dalam meningkatkan volume penjualannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara langsung dengan pihak PT.Arminareka Perdana Cabang Semarang dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan teknik SWOT. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT.Arminareka Perdana Cabang Semarang secara keseluruhan hasil dan tujuannya untuk meningkatkan volume penjualan telah tercapai melalui mengimplementasikan strategi bauran pemasaran(marketing mix) 7P: Product, price, promotion, place, people, process,customer service(pelayanan konsumen.). Penulis mendapatkan beberapa temuan diantaranya adalah di dalam bauran pemasaran (marketing mix) yaitu dari strategi produk yang ditawarkan adalah bermutu, variatif menyesuaikan kebutuhan masyarakat (meningkat) dari tahun ke tahun yakni produk umroh dan haji plus sesuai dengan kebutuhan rohani / religius penduduk Indonesia yang mayoritas umat muslim. Harga (bersaing/kompetitif ) yakni sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Promosi (efektif) gencar menggunakan periklanan dengan internet, brosur, spanduk dan lain-lain. Publisitas dengan presentasi pada kegiatan yang bersifat keagamaan seperti: pengajian-pengajian, pameran-pameran. Promosi penjualan (sales promotion) yakni melalui sistem networking /jaringan kemitraan dan berdasarkan informasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Pemilihan tempat/lokasi yang strategis mudah dijangkau oleh transportasi, dekat dengan pusat perbelanjaan (DP Mall Semarang), dan menggunakan sistem jemput bola. Hubungan yang baik antara atasan dengan karyawan maupun sesama karyawan. SDM berkualitas sudah terampil dan merata karena mendapat training terlebih dahulu oleh PT.Arminareka Perdana Fasilitas pendukung yang lengkap dan dalam memberikan pelayanan (intensif) efisien, ramah dan informasi memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Musahadi, M. Ag.; A. Turmudi, SH., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Marketing mix; Haji dan Umrah; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 22 Sep 2015 04:08
Last Modified: 22 Sep 2015 04:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4487

Actions (login required)

View Item View Item