Analisis permasalahan guru biologi dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis karakter mata pelajaran biologi kelas X semester genap MAN 2 Pati

Sulistiana, Sulistiana (2012) Analisis permasalahan guru biologi dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis karakter mata pelajaran biologi kelas X semester genap MAN 2 Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083811028-Coverdll.pdf]
Preview
Text
083811028-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of 083811028-Bab1.pdf]
Preview
Text
083811028-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 083811028-Bab2.pdf]
Preview
Text
083811028-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 083811028-Bab3.pdf]
Preview
Text
083811028-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 083811028-Bab4.pdf]
Preview
Text
083811028-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 083811028-Bab5.pdf]
Preview
Text
083811028-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 083811028-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083811028-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang permasalahan guru biologi di dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah untuk menerapkan nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran. Penerapan nilai karakter dicantumkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Karena merupakan kebijakan baru, masih banyak guru yang mengalami hambatan dalam pembuatannya. Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan guru biologi dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis karakter di Madrasah Aliyah Negeri 02 Pati Tahun pelajaran 2011/2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain (1) wawancara terstruktur, maksud penggunaan metode ini adalah untuk mencari data yang berhubungan dengan penyusunan perencanaan pembelajaran, kendala atau hambatan yang dihadapi dalam pembuatan perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Wawancara digunakan sebagai data sekunder dan dua orang guru mata pelajaran biologi yang mengajar di kelas X sebagai obyek yang diwawancara (2) dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk mendapatkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan manajemen pembelajaran untuk membantu menganalisis data-data primer (3) observasi digunakan untuk memperoleh data tentang mekanisme penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran biologi di ruang kelas Madrasah Aliyah Negeri 02 Pati, apakah telah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru.
Hasil penelitan yang telah diolah menunjukkan bahwa guru biologi Madrasah Aliyah Negeri 02 Pati mengalami hambatan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis karakter. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti. Adapun hambatan-hambatan yang dialami oleh kedua responden adalah yang pertama dalam memasukkan nilai-nilai karakter yang tepat pada setiap materi yang akan diajarkan. Kedua, hambatan dalam penerapan di dalam kelas, hal ini menyangkut tentang banyaknya materi yang harus diajarkan sehingga guru akan lebih fokus dalam menyampaikan materi dan nilai-nilai karakter yang seharusnya tersampaikan menjadi terabaikan. Pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis karakter di Madrasah Aliyah Negeri 02 Pati telah dilaksanakan dengan baik walaupun belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal. Nilai-nilai karakter yang telah diimplementasikan antara lain jujur, komunikatif, demokratis, peduli lingkungan, kerja keras, jujur, toleransi, dan rasa ingin tahu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru Biologi; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); Pelajaran Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:20
Last Modified: 22 May 2021 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics