Manajemen anggaran pembiayaan pendidikan di SMP NU 07 Brangsong Kendal

Arfian, Dini (2015) Manajemen anggaran pembiayaan pendidikan di SMP NU 07 Brangsong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093311009.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen pembiayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kajiannya dilatar belakangi oleh kondisi sosial ekonomi di indonesia yang tidak begitu merata yang terdapat kesenjangan antara sekolah di kota dan di desa mengenai pembiayaan sekolah tetapi dituntut untuk mampu menyelenggarakan pendidikan yang bermutu serta diharapkan dengan biaya pendidikan yang dapat dijangkau bagi masyarakat desa. Untuk itu diperlukan suatu manajemen pembiayaan sekolah yang benar-benar fokus untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memanfaatkan sumber penerimaan yang ada seefektif dan seefisien mungkin. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana proses penganggaran pembiayaan di SMP NU 07 Brangsong Kendal ? (2) Bagaimana proses pencatatan keuangan di SMP NU 07 Brangsong Kendal? (3) Bagaimana pengawasan keuangan di SMP NU 07 Brangsong Kendal ?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan model penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP NU 07 Brangsong Kendal. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya semua data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan temuan penelitian. Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Proses penganggaran pembiayaan yang dilakukan di SMP NU 07 Brangsong Kendal melalui beberapa tahap yaitu mulai dari mengadakan rapat pleno sekolah, mengidentifikasi rencana penerimaan sekolah, mengidentifikasi rencana pengeluaran sekolah, mengkonsultasikan RAPBS dengan komite sekolah sampai dengan pengesahan RAPBS. Dalam penganggaran pembiayaan juga sudah menganut prinsip efektif dan efisien dikatakan efektif karena Dilihat dari RAPBS tahun ajaran 2013/2014 SMP NU 07 Brangsong telah menganggarkan pengeluaran untuk program pendidikan sebesar Rp. 322.361.000. atau 49 % jumlah itu lebih besar dari pengeluaran untuk non program sekolah yang sebesar 42 %dan belanja lain-lain sebesar 9 %. Penganggaran itu sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai oleh sekolah yang fokus untuk mengembangkan pendidikan didalamnya. Dikatakan efisien karena dengan mengalokasikan dana sebesar 49 % bagi program pendidikan sekolah dapat menekan biaya pendidikan yang dibebankan kepada orang tua siswa untuk menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas yang dibuktikan dengan akreditasi sekolah berpredikat A dan juga pemberian keterampilan dalam program ekstrakurikuler yang telah mendapat piagam penghargaan dalam lomba-lomba yang diikuti. (2) Proses pencatatan keuangan di SMP NU 07 Brangsong Kendal dilakukan dengan menggunakan beberapa catatan keuangan seperti buku kas umum, buku pembantu kas, buku penerimaan gaji, buku penerimaan gaji ekstrakurikuler, buku pembantu bank, serta laporan keuangan. Pembukuan tersebut juga menjadi penting karena setiap pembukuan yang dilakukan mempunyai fungsi akuntansi sendiri dalam proses keuangan sekolah. (3) Pengawasan keuangan yang dilakukan di SMP NU 07 Brangsong Kendal berasal dari pengawas internal yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dan bendahara sekolah dan pengawas eksternal yang dilaksanakan oleh komite sekolah dan masyarakat juga pemerintah dalam hal ini adalah dinas pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Pendidikan; Anggaran pendidikan; Manajemen Anggaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. Wahyudi, M. Pd.; Dr. Musthofa, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Oct 2015 04:19
Last Modified: 31 Oct 2015 04:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item