Hubungan pemahaman materi alat indra (melalui pendekatan SETS) dengan pembiasaan menjaga kesehatan alat indra pada siswa kelas XI MA Nurul Qur’an Pucakwangi Pati
Hidayat, Edi Taufik (2015) Hubungan pemahaman materi alat indra (melalui pendekatan SETS) dengan pembiasaan menjaga kesehatan alat indra pada siswa kelas XI MA Nurul Qur’an Pucakwangi Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
083811008.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Riset ini dilatarbelakangi dalam mempelajari biologi pada siswa MA Nurul Qur’an hanya sekedar mempelajari saja. Tidak mengaplikasikan apa yang telah di pelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, masih rendahnya pembiasaan siswa dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan alat indra. Salah satu upaya yang dilakukan agar siswa dapat mengaplikasikan yang telah dipelajari dan untuk meningkatkan pembiasaan menjaga kesehatan adalah dengan pembelajaran melalui pendekatan SETS. Karena pendekatan SETS tidak hanya mempelajari sains saja tetapi juga mengaitkan antara sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Dengan pendekatan SETS diharapkan siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat meningkatkan pembiasaan siswa dalam menjaga kesehatan alat indra.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah ada hubungan antara pemahaman materi alat indra (melalui pendekatan SETS) dengan pembiasaan menjaga kesehatan alat indra pada siswa kelas XI MA Nurul Qur’an Pucakwangi Pati?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Karena data-data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah diperoleh dari lapangan. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif atau hubungan antara dua variabel atau lebih dan bagaimana tingkat ketergantungan antara variabel dependen dan variabel independen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi.
Dari analisis penghitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment diketahui rhitung = 0,721. Kemudian dibandingkan dengan rtabel pada taraf kesalahan 5 % dengan n = 28, didapat rtabel = 0,374. Karena rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang kuat antara pemahaman materi alat indra (melalui pendekatan SETS) dengan pembiasaan menjaga kesehatan alat indra pada siswa kelas XI MA Nurul Qur’an Pucakwangi Pati. Besarnya kontribusi pemahaman materi alat indra (melalui pendekatan SETS) terhadap pembiasaan menjaga kesehatan alat indra adalah 52 % sedangakan 48 % dipengaruhi faktor yang lain
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Indra; Kesehatan; Sains; Metode Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 611 Human anatomy, cytology, histology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 06:24 |
Last Modified: | 20 May 2021 04:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4549 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year