Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Etika Guru dan Prestasi Belajar Materi Ekskresi Siswa Kelas XI IPA I di MAN Tegal

Khanif, Syukron (2013) Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Etika Guru dan Prestasi Belajar Materi Ekskresi Siswa Kelas XI IPA I di MAN Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073811006_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811006_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811006_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811006_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811006_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811006_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073811006_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui etika guru dalam pembelajaran biologi di MAN Tegal; 2) untuk mengetahui prestasi belajar materi Ekskresi siswa kelas XI di MAN Tegal; 3) untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh etika guru terhadap prestasi belajar materi ekskresi siswa kelas XI di MAN Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deengan menggunakan metode observasi, dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang etika guru (variabel X) dan instrument dokumentasi untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar siswa materi ekskresi (variabel Y), juga merupakan penelitian sampel dengan subyek penelitian sebanyak 30 respondent dengan menggunakan teknik Populasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggukan teknik analisis regresi linier satu predictor. Dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (etika guru) dan variabel Y (prestasi belajar materi ekskresi) kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui etika guru biologi di Madrasah Aliyah Negeri Tegal dapat dilihat dari nilai rata-rata angket yaitu: 78,71 berada pada interval 71-81, dengan kategori sedang, sedangkan prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Tegal nilai rata-rata mencapai 79,20 berada pada interval 73-83, dengan kategori sedang. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu predictor menunjukan adanya pengaruh etika guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Tegal.Hal ini ditunjukan oleh koefisien korelasi rxy= 0,808>rtabel 5% = 0,361 sedangkan Fhitung = 52,84>Ftabel 5% = 4,17 dan Fhitung=52,84>Ftabel1%= 7,56, ini berarti signifikan. Dengan demikian, semakin tinggi etika guru, maka semakin baik pula prestasi belajar siswa. Sebaliknya semakin rendah etika guru, maka akan semakin rendah prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika Guru; Prestasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:28
Last Modified: 04 Dec 2013 04:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item