Penerapan pembelajaran IPA dengan metode SQ3R untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi manusia di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal kelas IX-C semester gasal tahun 2014

Kholik, Noor (2015) Penerapan pembelajaran IPA dengan metode SQ3R untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi manusia di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal kelas IX-C semester gasal tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113811060.pdf - Accepted Version

Download (807kB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran mata pelajaran IPA di M.Ts. NU 06 Sunan Abinawa pegandon Kendal, sampai saat ini masih kurang memuaskan. Hal ini dapat di lihat pada nilai hasil belajar ulangan harian tahun pelajaran 2014/2015 nilai rata rata IPA kelas IXC Semester gasal yang sangat rendah. Guru sebagai pelaku pembelajaran juga harus ikut bertanggung jawab. Keadaan yang demikian harus segera di atasi. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai selama ini, yaitu kemampuan berfikir siswa rendah, waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung, di dalam kelas tidak menarik perhatian siswa. Di samping itu guru hanya menggunakan metode yang monoton tanpa menggunakan variasi model pembelajaran dan bahkan tidak memanfaatkan media yang ada dan yang dibutuhkan oleh siswa dengan tujuan pembelajaran umum dalam silabus. Bertolak dari hal tersebut, maka dalam rangka upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar dilakukan pembelajaran tindakan kelas dengan tujuan agar proses belajar mengajar dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa mempunyai motivasi belajar yang sangat tinggi, keadaan kelas lebih kondusif dan terkendali, karena siswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar dapat meningkat. Masalah penelitian dalam skripsi ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistim ekskresi manusia? Tujuan penelitian untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar mata pelajaran biologi. meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran IPA dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXC MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal dengan tercapainya ketuntasan belajar klasikal secara maksimal. Penelitian ini di lakukan pada siswa kelas IX-C semester gasal M.Ts. NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 15 siswa dan 11 siswi. Pelaksanaan penelitian selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus di mulai dari perencanaan mengajar yang tertulis dalam program silabus pelajaran dan rencana pelajaran. Metode pembelajaran yang di gunakan adalah SQ3R. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes setiap akhir siklus. Berdasarkan analisis data dalam setiap siklusnya menunjukkan bahwa rata-rata nilai dan ketuntasan belajar siklus I dan II berturut turut adalah 66,92 (57,69%) dan 76,15 (88,46%) berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian telah tercapai. Yaitu siswa telah memenuhi kreteria ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 80 % dari jumlah siswa telah memperoleh nilai 70 ke atas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran IPA dengan metode SQ3R ternyata dapat meningkat kan hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ilmu pengetahuan alam; Metode pembelajaran; ekskresi manusia; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Additional Information: Pembimbing: Nur Khasanah, M. Pd.; Dr. Lianah, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Nov 2015 06:33
Last Modified: 02 Nov 2015 06:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4555

Actions (login required)

View Item View Item