Pengaruh pembelajaran model picture and picture terhadap hasil belajar materi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Bawang Batang

Khasanah, Uswatun (2009) Pengaruh pembelajaran model picture and picture terhadap hasil belajar materi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Bawang Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105372.pdf - Accepted Version

Download (543kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh pembelajaran model picture and picture terhadap hasil belajar materi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Bawang Batang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model picture and picture terhadap hasil belajar materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Bawang Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen.. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu true experimental design. Bentuk design true experimental dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Bawang Batang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas uji coba. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi pre test untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture sedangkan pada kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Setelah pembelajaran selesai, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol diberi tes akhir yang sama. Tes akhir inilah yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen ialah 75,36 dan kelompok kontrol adalah 69,34 sehingga nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dan nilai kelompok kontrol. Pada uji perbedaan dua rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung = 4,3169 dan ttabel = 1,658. karena hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran picture and picture dan harga thitung lebih besar dari ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh positif terhadap hasil belajar materi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Bawang Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Picture and Picture; Hasil belajar; Pertumbuhan manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 572 Human races
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Additional Information: Pembimbing: Hj. Nur Khasanah, M. Pd.; Musthofa, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 16 Sep 2015 03:29
Last Modified: 16 Sep 2015 03:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item