Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru IPA Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012

Rifqoh, Siti (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru IPA Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083811039_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811039_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811039_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811039_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811039_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811039_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811039_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana persepsi siswa kelas IX tentang kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran mata pelajaran IPA Terpadu dalam mengajar di MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPA Terpadu? (3) Ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan menyebarkan angket yang berjumlah 25 soal kepada 30 siswa yang diambil secara acak dari 3 kelas, yaitu dari kelas IX A, IX B, dan IX C. Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah menggunakan: observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi satu prediktor. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa, variabel X (persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu) menempati kategori cukup, dengan nilai mean 2,5 dan variabel Y (hasil belajar siswa kelas IX) menempati kategori kurang, dengan nilai mean 2,4. Hasil penelitian menunujukan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 28 diperoleh F tabel sebesar 4,20 sedang F hitung sebesar 9,702. Jika dibandingkan keduanya F hitung = 9,702 > Ftabel ( 0,05 ; 1,28) = 4,20 dengan demikian bahwa variabel persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal. Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N–2 = 28 diperoleh F tabel sebesar 7,64 sedang F hitung sebesar 9,702. Jika dibandingkan keduanya F hitung = 9,702 > F tabel ( 0,01 ; 1,28) = 7,64 dengan demikian bahwa variabel persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu dan variabel hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal. Pada taraf signifikansi 0, 01 dan 0, 05 keduanya menunjukan hasil yang signifikan, hal tersebut berarti variabel persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru; Mata Pelajaran IPA; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:31
Last Modified: 04 Dec 2013 04:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item