Studi tentang implementasi model pembelajaran tematik di MI Nyatnyono 02 Ungaran

Azizah, Ma'rifatul (2015) Studi tentang implementasi model pembelajaran tematik di MI Nyatnyono 02 Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103911027.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan pembelajaran tematik di kelas I MI Nyatnyono 02 Ungaran, dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung, kendala dan solusi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana implementasi pembelajaran tematik di MI Nyatnyono 02 Ungaran. Permasalahan tersebut dibahas melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data tersebut dianalisis dengan pendekatan deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran tematik yang dilaksanakan dimulai dengan perencanaan. Perencanaan tersebut meliputi menyiapkan RPP, menyiapkan penilaian, menyiapkan sumber belajar dan menyiapkan setting kelas. Pembelajaran tematik di kelas I MI Nyatnyono 02 Ungaran ada 8 tema, masing-masing tema terdiri dari empat subtema. Penilaian mencakup penilaian pilihan ganda dan uraian. (2) Beberapa faktor penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran tematik antara lain dari kreativitas guru, aktivitas peserta didik, kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah dan sarana prasarana.(3) Kurang maksimalnya kontrol dari pimpinan sekolah dalam hal perencanaan pembelajaran dan kurangnya perhatian orang tua kepada peserta didik yang menjadi kendala utama dalam pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I MI Nyatnyono 02 Ungaran. Dari beberapa kendala maka solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk meminimalisir kendala tersebut adalah dengan diberikan tanggung jawab guru dalam membuat laporan pembelajaran, buku penghubung guru dengan orang tua agar mempermudah kerjasama dalam pembentukan sikap anak di lingkungan rumah. Pembelajaran tematik kelas I MI Nyatnyono 02 Ungaran yang dilaksanakan sudah baik . Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I di MI Nyatnyono 02 Ungaran terdapat beberapa pengembangan sebagai berikut: selain penilaian sikap yang terdapat dalam subtema, guru mengembangkan penilaian sikap keagamaan dari peserta didik setiap harinya dan guru mengembangkan penilaian pengetahuan peserta didik, dengan melakukan pengayaan disetiap dua tema selesai dibelajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Alis Asikin, M. A.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:29
Last Modified: 04 Nov 2015 09:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4589

Actions (login required)

View Item View Item