Analisis konsep Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk (multiple intelligences) dan implikasinya terhadap pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak di TK Alam Alfa Kids Pati tahun ajaran 2014/2015

Ali, Noor Rochmad (2015) Analisis konsep Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk (multiple intelligences) dan implikasinya terhadap pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak di TK Alam Alfa Kids Pati tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103911034.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) aktualisasi konsep Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk dalam pembelajaran di TK Alam Alfa Kids dan (2) relevansi konsep Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk dengan Standar Pencapaian Perkembangan Anak pada Permendiknas No. 58 Tahun 2009 dalam pembelajaran di TK Alam Alfa Kids. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis triangulasi dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran berbasis alam TK Alam Alfa Kids yang dikemas dalam bingkai kontekstual lingkungan dengan beberapa pendekatan seperti active learning, fun learning, child centered learning menjadikan aktivitas belajar sebagai proses kreatif dalam mengembangkan konsep Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk (multiple intelligences) pada diri anak didik. (2) Strategi pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) Howard Gardner menekankan belajar melalui pengalaman nyata mampu memfasilitasi kebutuhan anak dalam aspek sosial, emosional, fisik, kognitifnya dan nilai-nilai agama dan moral yang terwujud melalui rangkaian aktivitas belajar TK Alam Alfa Kids yang merujuk pada indikator pencapaian yang sudah ditentukan dalam standar pencapaian perkembangan anak yang terdapat pada Permendiknas No. 58 Tahun 2009.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan majemuk; Multiple intelligences; Metode Pembelajaran; Taman kanak-kanak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Ismail SM., M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:32
Last Modified: 04 Nov 2015 09:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4590

Actions (login required)

View Item View Item