Upaya meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Surat Al Ḍuḥa melalui metode drill and practice siswa kelas VI MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015

Baihaqi, Baihaqi (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Surat Al Ḍuḥa melalui metode drill and practice siswa kelas VI MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911101.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas upaya peningkatan hasil belajar al-Qur’an Hadits materi surat Al-Ḍuḥa melalui metode Drill and Practice Peserta didikKelas VI di MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak Tahun pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode drill and practice dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits peserta didikkelas VI MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Apakah penggunaan metode drill and practice dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Ḥadits pada peserta didikkelas VI di MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Tahun Pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode drill and practice dalam pembelajaran al-Qur’an Ḥadits peserta didikkelas VI MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar al-Qur’an materi surat al Ḍuḥa dengan metode drill and practice di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan manfaat penelitian ini sangat besar baik secara teoritik yaitu : (a) Informasi yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat memotivasi peneliti lain untuk mengungkapkan sisi lain yang belum diterangkan dalam penelitian ini, (b) Memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dalam rangka peningkatan motivasi diri untuk belajar, maupun secara praktis Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan kepada semua pihak dalam mengembangkan pendidikan. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas VI MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak yang berjumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Penelitian ini class room action research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini metode pengumpulan datanya menggunakan beberapa metode antara lain : (a) Metode dekomentasi, metode observasi, metode tes (tes lisan dan tertulis untuk mengetahui kualitas bacaan/ hafalan secara fasih dan metode wawancara. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas hasilnya sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu ada peningkatan hasil belajar al Qur’an Hadits materi surat al-Ḍuḥa melalui metode drill and practice siswa kelas VI MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai rata-rata yaitu pada pra siklus 66,61, pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 80,68 dan pada siklus II nilai rata-rata adalah 91,43 sedangkan nilai ketuntasan klasikal pada pra siklus 64,82%, pada siklus I menjadi 78,36% dan pada siklus II menjadi 88,57%. Saran guru harus benar-benar menguasai materi dan kelas dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits materi surat al-Ḍuḥa melalui metode drill and practice untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik disamping juga menyiapkan pembelajaran yang disusun sesuai skedul dan dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat berpartisipasi aktif baik secara fisik maupun psikis sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sesuai indikator pembelajaran, guru harus menambah wawasan dengan mengikuti beberapa pelatihan dan seminar yang berhubungan dengan pembelajaran dan metode pembelajaran ini sebagai input bagi pendidik dalam mengembangkan pembelajaran dan juga sebagai out put bagi peserta didik dalam menerima pembelajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Drill and practice; Hasil belajar; Al-Qur'an dan Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Hj. Nur Asyiah, M.S.I.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:55
Last Modified: 03 Dec 2015 08:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4604

Actions (login required)

View Item View Item