Studi korelasi antara penguasaan pelajaran Bahasa Arab dengan kemampuan membaca Al Qur’an siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Nuha, Mohammad Maksyufun (2015) Studi korelasi antara penguasaan pelajaran Bahasa Arab dengan kemampuan membaca Al Qur’an siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911154.pdf]
Preview
Text
113911154.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa kuat hubungan penguasaan pelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan membaca al-Qur’an dan seberapa signifikan hubungan penguasaan pelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, artinya, objektivitas desain penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angka-angka pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Menilik pada populasi dan sampel, penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena melibatkan semua subjek penelitian, yaitu kelas IV sampai VI. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Data-data yang didapatkan dianalisis menggunakan statistik kuantitatif.
Penguasaan Pelajaran Bahasa Arab Siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat analisis yang menunjukkan nilai mean sebesar 57,02. Apabila diterapkan dalam interval nilai terdapat antara interval (50-64), dengan kategori baik.
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean sebesar 61,60. Apabila diterapkan dalam interval nilai terdapat antara interval (50-64), berkategori baik.
Berdasarkan pada analisis kuantitatif korelatif dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penguasaan pelajaran Bahasa Arab terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Sebagaimana terlihat pada hasil hitung nilai koefisien korelasi yaitu sebesar 0,496, nilai tersebut berada dalam interval 0,41-0,70 dapat diinterpretasikan bahwa "antara variable X (penguasaan pelajaran Bahasa Arab) dan Y (kemampuan membaca al-Qur’an) terdapat korelasi yang sedang atau cukup".
Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment di atas dan hasilnya dikonsultasikan dengan nilai pada tabel (r) ternyata dalam tabel nilai korelasi product moment dengan N=42 pada taraf signifikansi 5%; ro tabel = 0,304 dan ro = 0,496 (ro > r tabel) sedangkan pada taraf signifikansi 1%; ro tabel = 0,393 dan ro = 0,496 (ro > r tabel), maka hubungan antara penguasaan pelajaran Bahasa Arab terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara tahun pelajaran 2014/2015 ini adalah signifikan.
Dari penelitian lapangan ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penguasaan Pelajaran Bahasa Arab terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2014-2015. Dengan kata lain, tinggi rendahnya penguasaan pelajaran bahasa Arab siswa erat hubungannya dengan kemampuan siswa dalam membaca kitab suci Al-Qur’an.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengetahuan guru, siswa, orang tua siswa, madrasah dan peneliti yang lain bahwa tingkat penguasaan pelajaran bahasa Arab dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca tulis Al-Qur’an; Bahasa Arab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:02
Last Modified: 11 Dec 2021 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4611

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics