Upaya peningkatan hasil belajar matematika materi nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan melalui model make a match pada siswa kelas III MI Taufiqiyyah Tegalkangkung Semarang 2014/2015

Setyowati, Endah (2015) Upaya peningkatan hasil belajar matematika materi nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan melalui model make a match pada siswa kelas III MI Taufiqiyyah Tegalkangkung Semarang 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911191.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan model Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan pada siswa kelas II MI Taufiqiyyah Tegalkangkung Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas II Semester I MI Taufiqiyyah Tegalkangkung Semarang dalam pembelajaran matematika materi nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan masih rendah. KKM yang dicapai masih kurang dari 75 % yaitu masih 41 %.Di dalam penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II MI Taufiqiyyah Tegal Kangkung Semarang Tahun Ajaran 2014/2015 pada materi nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan melalui model pembelajaran Make a Match. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan (planning),pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observing),dan yang terakhir refleksi (reflecting).Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar berupa nilai ulangan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil pra siklus, hasil siklus satu dan hasil siklus dua. Penerapan model make a match mampu meningkatkan hasil belajar siswa, hasil nilai rata-rata dari penelitian pra siklus yang belum menerapkan model ini dari 77,68, siklus I dengan nilai rata-rata 80,35 dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 84,21.Melalui penerapan model pembelajaran make a match maka dapat diketahui tingkat Ketercapaian Ketuntasan Minimal (KKM) 75 % dapat terlampaui. Dari penelitian pra siklus yang belum menerapkan model ini 41,2 % . Namun setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 73,53 % , kemudian pada siklus II meningkat sangat signifikan yaitu 91 %. Disarankan bagi teman sesama guru agar dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match sebagai salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan hasil belajar di Madrasah Ibtidaiyyah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Matematika; Model pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Dr. Fahrurrozi, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 04:44
Last Modified: 24 Nov 2015 04:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4616

Actions (login required)

View Item View Item