Upaya meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa dengan metode simulasi pada mata pelajaran IPA materi kesehatan lingkungan kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Hartini, Sri (2015) Upaya meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa dengan metode simulasi pada mata pelajaran IPA materi kesehatan lingkungan kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911197.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA di MI Sudirman Kupang Ambarawa yang masih menggunakan metode-metode konvensional, yang lebih memposisikan siswa dalam kondisi pasif. Oleh karena itu dibutuhkan satu perubahan dalam menyampaikan pembelajaran. Salah satunya dengan mengimplementasikan pembelajaran aktif melalui metode simulasi. Dalam metode ini siswa tidak hanya aktif mendengar dan melihat permainan, tetapi siswa terlibat sejak awal proses belajar mengajar sehingga siswa benar-benar menjadi subjek bukan objek. Siswa mempunyai atau memiliki waktu sepenuhnya untuk belajar, berfikir dan berbicara. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1). Apakah penerapan Metode Simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa? 2) Bagaimana peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa yang disampaikan melalui metode Simulasi?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Adapun subyek penelitian sebanyak 24 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Metode Simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa, hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan siswa tiap siklus dan keaktifan siswa dalam pembelajaran semakin baik dan antusias. 2) Peningkatan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya aktifitas siswa disetiap siklus. Dimana keaktifan siswa pada siklus I ada 54%, sedangkan siklus II ada 92%. Sedangkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan, dimana pada pra siklus hanya 11 siswa atau 46% dengan rata-rata nilai 62,92, dan setelah menggunakan metode simulasi pada siklus I ada 15 siswa 62% dengan rata-rata nilai 69,17 , dan diperbaiki lagi pada siklus II ketuntasan sudah mencapai 21 siswa atau 88% dengan rata-rata nilai 82,95.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Metode pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: H. Fakrur Rozi, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 04:49
Last Modified: 24 Nov 2015 04:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4618

Actions (login required)

View Item View Item