Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar siswa materi teori kinetik gas kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015

Nurjana, Siti Nur (2015) Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar siswa materi teori kinetik gas kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611032.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di SMA Futuhiyyah Mranggen Demak pada prosesnya masih terdapat masalah-masalah diantaranya, siswa bosan dan malas ketika proses pembelajaran fisika berlangsung, pembelajaran cenderung searah, siswa kurang aktif dan banyak siswa yang menganggap fisika adalah pelajaran yang sulit. Hal tersebut bedampak pula pada hasil belajar siswa yang rata-rata rendah. Masalah-masalah tersebut dapat diperbaiki dengan cara menerapkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write menjadikan siswa aktif dan siswa dapat mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri, sementara model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray menjadikan alur pembelajaran tidak hanya searah dan menambah rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektifkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa materi teori kinetik gas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Uji t test menunjukkan thitung = 4,150 dan ttabel = 1,686 dengan taraf signifikan α = 5%. Nilai thitung > ttabel. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata- rata kelas eksperimen setelah diberi perlakuan adalah 62,00 lebih baik dari kelas kontrol yaitu 45,20. Kesimpulan yang didapat adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan Two Stay Two Stray lebih efektif meningkatkan hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Dr. Fahrurrozi, M. Ag.; Joko Budi Poernomo, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 04:27
Last Modified: 27 Nov 2015 04:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item