Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok bilangan bulat melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) siswa kelas VIIB semester I MTs NU 07 Patebon Kabupaten Kendal tahun ajaran 2009/2010

Mucharomah, Siti (2009) Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok bilangan bulat melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) siswa kelas VIIB semester I MTs NU 07 Patebon Kabupaten Kendal tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105409.pdf - Submitted Version

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok Bilangan Bulat siswa kelas VII B semester I MTs NU 07 Patebon tahun ajaran 2009/2010 (2) pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok Bilangan Bulat siswa kelas VII B semsester I MTs NU 07 Patebon tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VII B MTs NU 07 Patebon Kendal. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII B melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan siswa menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs NU 07 Patebon Kendal dengan populasi siswa yang terdiri dari kelas VII 126 siswa, kelas VIII 123 siswa, kelas IX 119 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu kelas VII B yang jumlahnya ada 42 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan melalui model pembelajaran CTL dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, ketuntasan belajar mencapai 50 % dan rata-rata ulangan harian 57,0. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan ketutasan belajar siswa meningkat menjadi 69 % dan rata-rata tes siklus I 61,43. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 76 % dan rata-rata tes siklus II siswa adalah 72,38. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran CTL dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat siswa yang dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dorongan belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Minhayati Saleh, S. Si., M. Sc.; H. Mahfud Siddiq, Lc., MA.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Bilangan Bulat; Model Pembelajaran; Contextual Teaching And Learning (CTL)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Nov 2015 09:31
Last Modified: 05 Nov 2015 09:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item View Item