Upaya meningkatkan hasil belajar biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi pokok jaringan tumbuhan kelas XI di MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2009/2010

Nissak, Khafifatun (2009) Upaya meningkatkan hasil belajar biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi pokok jaringan tumbuhan kelas XI di MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAINWalisongo.

[img]
Preview
Text
3105432.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI MA NU Nurul Huda pada materi pokok jaringan tumbuhan?, 2). Apakah hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI MA NU Nurul Huda pada materi pokok jaringan tumbuhan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Format skenario model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI MA NU Nurul Huda pada materi pokok jaringan tumbuhan. 2) Upaya peningkatan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI MA NU Nurul Huda pada materi pokok jaringan tumbuhan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI di MA NU Nurul Huda Semarang pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah peserta didik sebanyak 49 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan disusun skenario pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Indikator hasil belajar pada penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: dokumentasi, wawancara, observasi, tes, dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Data hasil pengamatan dan tes diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI MA NU Nurul Huda pada materi pokok jaringan tumbuhan adalah langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) yang diaplikasikan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat langkah-langkah proses pembelajaran yang bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) yakni penyajian materi oleh guru, kelompok, game, turnamen, penghargaan kelompok, dan pemberian evaluasi di akhir pemelajaran. 2) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi pokok jaringan tumbuhan yang ditandai dengan peningkatan pada siklus I nilai rata-rata 58,47 dengan ketuntasan belajar 59,5%, meningkat menjadi 71,47 dengan ketuntasan belajar 81,63% pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi 92,9 dengan ketuntasan belajar 93,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Lianah, M. Pd.; Drs. Ahmad Sudja’i, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Biologi; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Nov 2015 09:54
Last Modified: 05 Nov 2015 09:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4637

Actions (login required)

View Item View Item