Penerapan Model Pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Pokok Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan Semester 2 di Kelas IV MI Miftahul Huda Kalipucang Kec. Jatibarang Kab. Brebes Tahun Ajaran 2011/2012

Istiqomah, Istiqomah (2012) Penerapan Model Pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Pokok Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan Semester 2 di Kelas IV MI Miftahul Huda Kalipucang Kec. Jatibarang Kab. Brebes Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911031_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911031_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911031_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911031_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911031_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911031_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911031_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan di kelas IV MI Miftahul Huda Kalipucang Kec. Jatibarang Kab. Brebes tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda. Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran IPA di kelas IV, peserta didik masih kurang paham dengan materi yang diajarkan oleh guru dan peserta didik merasa bosan dengan suasana yang kurang menarik, seperti dalam proses belajar mengajar peserta didik mengobrol sendiri, bermain bolpoin dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Make a Match pada kelas IV MI Miftahul Huda dengan jumlah peserta didik ada 38. Pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif non statistik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mengadakan tes pra siklus untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi sebelumnya yaitu materi perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Sedangkan tahap ketiga adalah penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata 58,03 dengan ketuntasan belajar 39,5%. Setelah diterapkan model pembelajaran Make a Match hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 66,32 dengan ketuntasan belajar sebanyak 57,9%. Pada siklus II diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 86,25 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 84,2%. Dari data tersebut terlihat, bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Make a Match. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Make a Match; Perubahan Lingkungan; Mata Pelajaran IPA; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:41
Last Modified: 04 Dec 2013 04:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item