Strategi sekolah dalam pendidikan akhlaqul karimah siswa (studi deskriptif di MTs Al-Khoiriyyah Semarang tahun ajaran 2014/2015)

Aryo, Haris Dwi (2015) Strategi sekolah dalam pendidikan akhlaqul karimah siswa (studi deskriptif di MTs Al-Khoiriyyah Semarang tahun ajaran 2014/2015). Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Pndidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
103111035.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah merosotnya moral/ akhlak peserta didik yang disebabkan oleh gencarnya arus globalisasi. Hal ini menyebabkan bergesernya kebudayaan luhur bangsa Indonesia oleh kebudayaan asing yang kurang mendidik. Kenakalan remaja pun, khususnya yang dilakukan pelajar semakin meningkat mulai dari perilaku menyimpang yang ringan sampai yang berat. Tentu hal ini menjadi tanggung jawab banyak pihak mulai dari keluarga, lingkungan sekolah serta pengawasan dari pemerintah untuk segera mencari jalan keluar atas permasalahan akhlak remaja tersebut. Karena sejatinya puncak dari pendidikan adalah meningkatnya kualitas iman dan takwa individu kepada Tuhan Yang Maha Esa. Skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka pendidikan akhlaqul karimah siswa di MTs al-Khoiriyyah Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan akhlak peserta didik di mana sekolah harus memiliki upaya khusus dalam rangka pendidikan akhlaqul karimah siswa. Proses pendidikan akhlaqul karimah ini dapat dimasukkan ke dalam proses pembelajaran maupun berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Strategi pendidikan akhlaqul karimah tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs al-Khoiriyyah Semarang. Lembaga madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang pendidikan akhlaqul karimah siswa. Datanya diperoleh dengan cara observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian tentang strategi sekolah dalam pendidikan akhlaqul karimah siswa di MTs al-Khoiriyyah Semarang menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program pendidikan di MTs al-Khoiriyyah Semarang berjalan dengan baik. Kegiatan pembelajaran dimulai pukul 06.30-14.40 WIB dengan di awali dengan kegiatan TPQ selama satu jam. Setelah kegiatan TPQ kemudian berjalan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Pukul 12.00 WIB sholat dhuhur berjamaah kemudian dilanjut KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) kembali sampai jam pelajaran sekolah selesai. (2) proses pendidikan akhlaqul karimah di MTs al-Khoiriyyah Semarang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Secara garis besar, strategi pendidikan akhlaqul karimah siswa meliputi integrasi nilai-nilai iman dan takwa ke dalam visi misi sekolah, tujuan sekolah dan proses pembelajaran, integrasi nilai iman dan takwa ke dalam mata pelajaran non PAI, kegiatan ekstrakurikuler berwawasan iman dan takwa, adanya school culture yang menunjang iman dan takwa, serta menjalin hubungan antara pihak sekolah dengan orang tua dan masyarakat. Berjalannya pendidikan akhlaqul karimah merupakan tanggung jawab semua pendidik tanpa terkecuali dengan pengawasan secara berkesinambungan. berdasarkan penelitian tersebut, madrasah diharapkan mampu untuk mempertahankan segala bentuk upaya pendidikan akhlaqul karimah terhadap siswa. Di samping itu, sekolah juga dituntut untuk meningkatkan level pembinaan akhlak siswa mengingat arus globalisasi yang semakin gencar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M.S.I.; Drs. H. Karnadi M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Akhlaqul Karimah; Strategi Pembelajaran; Akhlak remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Nov 2015 03:49
Last Modified: 07 Nov 2015 03:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4660

Actions (login required)

View Item View Item