Pengaruh intensitas belajar dan perilaku keberagamaan terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian nasional peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015

Mubarok, Muhammad Riziq (2015) Pengaruh intensitas belajar dan perilaku keberagamaan terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian nasional peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
103111055.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Intensitas Belajar Dan Perilaku Keberagamaan Terhadap Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket untuk menjaring data tentang intensitas belajar (variabel X1), perilaku keberagamaan (variabel X2) dan kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 (variabel Y). penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanya 63. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1)Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Intensita Belajar dengan Kecemasan Peserta Didik Kelas XII Dalam Menghadapi Ujian Nasional Di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Penelitian ditunjukkan oleh harga F hitung = 0,215 yang telah dikonsultasikan dengan F tabel pada taraf F(0,05;63) = 3,998. Dan hasilnya F hitung < F tabel pada taraf F 5%, yang berarti tidak signifikan. Artinya hipotesis ditolak, karena F hitung lebih kecil dari F tabel. Dengan kata lain, pengaruh intensitas belajar pada kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional secara statistik tidak signifikan (pada taraf 5%). Kondisi tersebut berarti intensitas belajar tidak berpengaruh pada penurunan tingkat kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional. (2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perilaku Keberagamaan dengan Kecemasan Peserta Didik Kelas XII Dalam Menghadapi Ujian Nasional di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Penelitian ditunjukkan oleh harga F hitung = 7,100 yang telah dikonsultasikan dengan F tabel pada taraf F(0,05;63) = 3,998. Dan hasilnya F hitung > F tabel pada taraf F 5%, yang berarti signifikan. Artinya hipotesis diterima, karena F hitung lebih besar dari F tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Keberagamaan berpengaruh terhadap penurunan tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Artinya semakin tinggi peserta didik melakukan Perilaku Keberagamaan maka tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional akan menurun. Sebaliknya semakin rendah peserta didik melakukan Perilaku Keberagamaan maka tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional akan meningkat.(3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara Intensitas Belajar dan Perilaku Keberagamaan dengan Kecemasan Peserta Didik Kelas XII Dalam Menghadapi Ujian Nasional di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Penelitian ditunjukkan oleh harga F hitung = 7,9473 yang telah dikonsultasikan dengan F tabel pada taraf F(0,05;63) = 3,150. Dan hasilnya F hitung > F tabel pada taraf F 5%, yang berarti signifikan. Artinya hipotesis diterima, karena F hitung lebih besar dari F tabel. Berarti gabungan dari variabel Intensitas Belajar dan Perilaku Keberagamaan berpengaruh terhadap penurunan tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Artinya semakin tinggi peserta didik melakukan Intensitas Belajar Dan Melakukan Perilaku Keberagamaan maka tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional akan menurun. Sebaliknya semakin rendah peserta didik melakukan Intensitas Belajar Dan Perilaku Keberagamaan maka tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional akan meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intensitas belajar; Perilaku keberagamaan; Ujian nasional; Kecemasan siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Lutfiyah, S. Ag., M.S.I.; Dr. H. Raharjo, M.Ed.St.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Nov 2015 03:55
Last Modified: 07 Nov 2015 03:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4663

Actions (login required)

View Item View Item