Studi komparasi prestasi belajar PAI antara aktivis Rohis dengan aktivis Biz Variz di SMA Semesta Bilingual Boarding School Gunung Pati Semarang tahun 2014/2015

Nurohman, Nurohman (2015) Studi komparasi prestasi belajar PAI antara aktivis Rohis dengan aktivis Biz Variz di SMA Semesta Bilingual Boarding School Gunung Pati Semarang tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111090.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai prestasi belajar pada siswa yang aktif di organisasi Rohis dan siswa yang aktif di Organisasi Biz Variz di SMA Semesta Bilingual Boarding School Gunung Pati Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar PAI siswa aktivis Rohis di SMA Semesta Semarang (2) prestasi belajar PAI siswa aktivis Biz Variz di SMA Semesta Semarang (3) adakah perbedaan prestasi belajar PAI antara siswa Rohis dengan siswa Biz Variz di SMA Semesta Semarang (4) apa saja faktor-faktor penyebab perbedaan prestasi belajar PAI antara siswa aktivis Rohis dengan siswa aktivis Biz Variz di SMA Semesta Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik komparasi, yaitu dengan membandingkan dua hal yang sesuai dengan kajian topik penelitian yang diteliti, kemudian ditarik kesimpulan. Subyek penelitiannya sebanyak 40 responden, yang terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah siswa aktivis Rohis sebanyak 20 siswa dan kelompok yang kedua adalah siswa aktivis Biz Variz sebanyak 20 siswa. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yaitu untuk mendapatkan data dari nilai rapor sebagai prestasi belajar PAI siswa, gambaran umum sekolah, Rohis serta gambaran Biz Variz, dan wawancara yaitu untuk mencari faktor-faktor penyebab perbedaan prestasi belajar PAI antara siswa aktivis Rohis dengan siswa aktivis Biz Variz di SMA Semesta Bilingual Boarding School Gunung Pati Semarang. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Pengujian penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar PAI siswa aktivis Rohis dapat dikategorikan baik sekali, yaitu dengan nilai rata-rata 88,5 dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 82. (2) Prestasi belajar PAI siswa aktivis Biz Variz dapat dikategorikan baik, yaitu dengan nilai rata-rata 85,9 dengan nilai tertinggi 93 nilai dan nilai terendah 81. (3) Terdapat perbedaan yang meyakinkan tentang prestasi belajar PAI antara siswa aktivis Rohis dengan siswa aktivis Biz Variz di SMA Semesta Semarang ditunjukkan oleh rumus t-test di mana nilai to = 2,331 lebih besar dari t-tabel (df = 38) pada taraf signifikansi 5% = 2,024. (4) faktor-faktor yang menyebabkan adanya perbedaan prestasi belajar PAI Antara Aktivis Rohis dengan aktivis Biz Variz adalah karena sebagian besar motivasi, minat, perhatian dan kemampuan PAI siswa aktivis Rohis lebih baik dibandingkan dengan siswa aktivis Biz Variz dan Program yang dilakukan organisasi Rohis juga lebih mendukung terhadap PAI dibandingkan dengan Program yang dilakukan organisasi Biz Variz.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Sofa Mutohar, M. Ag.; Drs. Mustopa, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Nov 2015 10:20
Last Modified: 09 Nov 2015 10:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item