Implementasi hidden curriculum dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun ajaran 2014/2015

Chusna, Lina Maulida (2015) Implementasi hidden curriculum dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113111011.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas implementasi hidden curriculum dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Raudlatus Shibyan Kudus. Kajiannya dilatarbelakangi oleh merebaknya isu-isu moral di kalangan remaja yang meresahkan banyak orang, selain itu juga yang diketahui selama ini bahwa mata pelajaran Akidah Akhlak kebanyakan hanya berdasarkan teori yang mengutamakan kecerdasan otak. Selain teori juga harus dikembangkan dan ditumbuhkan kecerdasan moral agar peserta didik memiliki akhlak yang mulia. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Implementasi Hidden Curriculum dalam pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak Di MTs. NU Raudlatus Shibyan Kecamatan Bae Kabupaten Kudus? (2) Bagaimana implikasi penerapan Hidden Curriculum dalam pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak di MTs. NU Raudlatus Shibyan terhadap peserta didik? Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi Hidden Curriculum di MTs. NU Raudlatus Shibyan adalah Hidden Curriculum yang berupa Kegiatan-kegiatan yang menekankan pada aspek sikap sosial dan sikap spiritual. Di mana kegiatan–kegiatan tersebut mengandung Hidden Curriculum di bidang Akidah Akhlak sesuai dengan tujuan Akidah Akhlak itu sendiri. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: Berdo’a dan membaca Asma Al Husna sebelum pelajaran di mulai, Mushafahah, Shalat Dzuhur Berjamaah, Dakwah Training, Pengajian Jum’at Legi, dan Pesantren Ramadhan. Langkah ini merupakan langkah yang tepat digunakan pendidik untuk menutupi kekurangan pada kurikulum Akidah Akhlak yang selama ini masih bersifat teori saja. Implementasi ini dilaksanakan dalam kegiatan peserta didik di luar kelas. Dalam menerapkan Hidden Curriculum, pendidik menerapkan metode pembinaan kesadaran beragama, metode keteladanan serta metode pembiasaan di mana pendidik sebagai pusat contoh yang bisa ditiru peserta didik. Peran pendidik sangat diperlukan sebagai contoh bagi peserta didiknya dalam berperilaku. Dengan pendidik mengetahui latar belakang peserta didik, akan lebih mudah memberikan masukan-masukan positif terhadap peserta didik. dengan demikian, perlahan demi perlahan hal-hal negatif yang ada dalam peserta didik akan berkurang. (2) Implikasi dari adanya Hidden Curriculum Akidah Akhlak ini adalah merupakan reaksi yang dihasilkan dari peserta didik. Dengan adanya penerapan Hidden Curriculum ini, menjadikan peserta didik memiliki Akhlak yang baik ini ditunjukkan dengan Peserta didik yang rajin mengikuti kegiatan Hidden Curriculum menjadi lebih taat dan patuh. Walaupun tidak semuanya langsung berubah total, tetapi perlahan peserta didik tertanam Akhlak yang baik. Dengan adanya Hidden Curriculum juga peserta didik tertanam sikap sosial melalui berbagai kegiatan yang termasuk Hidden Curriculum dan dapat bermanfaat di lingkungan masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abdul Wahid, M. Ag.; H. Mursid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak; Hidden curriculum
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Nov 2015 08:43
Last Modified: 23 Nov 2015 08:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4673

Actions (login required)

View Item View Item