Hubungan antara minat belajar PAI dengan perilaku keberagamaan siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Hidayah, Sofwatin (2015) Hubungan antara minat belajar PAI dengan perilaku keberagamaan siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113111086.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan antara minat belajar PAI dengan perilaku keberagamaan siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang positif antara minat belajar PAI dengan perilaku keberagamaan siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan atau field Research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 58 siswa diambil dari 10% jumlah populasinya yaitu 575 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket atau kuesioner tertutup untuk memper oleh data variabel X yaitu minat belajar PAI dan variabel Y yaitu perilaku keberagamaan siswa. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tekniks tatistik deskriptif kuantitatif. Adapunp engujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment, dengan alat bantu olah statistik SPSS 16.0 dengan metode skor deviasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tingkat minat belajar PAI kelas XI di SMK Negeri 4 Semarang sangat baik. Kenyataan ini ditunjukkan dengan frekuensi kejadian/persentase minat belajar PAI yang paling banyak mencapai 22,41% yaitu pada interval 53 – 57 . 2. Tingkat perilaku keberagamaan siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Semarang baik. Dalam hal ini ditunjukkan dengan frekuensi kejadian/persentase mencapai 25,86% yaitu pada interval 49 – 53. 3. Berdasarkan hasil pengujian bahwa nilai r tabel dalam penelitian ini untuk derajat kebebasan df = 58 – 1– 1 dengan signifikasi 5% adalah 0,266, sedangkan nilai rhitung adalah 0,426 yang lebih besar dibandingkan dengan rtabel. Artinya, terdapat hubungan signifikan antara variabel minat belajar PAI (X) dengan variabel perilaku keberagamaan (Y). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara minat belajar PAI dengan perilaku keberagamaan siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak (terutama bagi guru) untuk lebih meningkatkan perhatian, bimbingan dan teladan yang baik kepada peserta didik di SMK Negeri 4 Semarang, sehingga tujuan untuk membentuk generasi penerus yang beriman dan berperilaku yang baik akan terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Perilaku keberagamaan; Lingkungan sekolah; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Abdul Kholiq, M. Ag.; Dr. H. Abdul Wahib, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 04:55
Last Modified: 24 Nov 2015 04:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4688

Actions (login required)

View Item View Item