Pengaruh kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring terhadap akhlak siswa kelas IV di SDIT Harapan Bunda Pedurungan Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015

Astutik, Astutik (2015) Pengaruh kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring terhadap akhlak siswa kelas IV di SDIT Harapan Bunda Pedurungan Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111103.pdf]
Preview
Text
113111103.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap akhlak siswa kelas IV terhadap sesama di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015.”
Dalam penelitian ini, penulis memaparkan 3 permasalahan antara lain: bagaimana kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring siswa kelas IV di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015, 2) bagaimana akhlak siswa kelas IV terhadap sesama di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015, 3)Apakah ada pengaruh kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring terhadap akhlak siswa kelas IV terhadap sesama di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak sederhana. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian siswa kelas IV SD IT Harapan Bunda yang berjumlah 58 siswa dari jumlah populasi yaitu sebanyak 72 siswa yang berasal dari kelas IV Utsman dan kelas IV Aisyah. Adapun variabel dalam penelitian terdiri dari 2 variabel yaitu kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring siswa kelas IV di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015 sebagai variabel X (variabel independent) dan akhlak siswa kelas IV terhadap sesama di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015 sebagai variabel Y (variabel dependent). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi. Instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, setelah melakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan Y , setelah itu melakukan uji normalitas, dan uji linieritas data. Barulah peneliti mencari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi product moment dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring siswa kelas IV di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015 masuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket/kuesioner tentang kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring siswa kelas IV (X) dengan perhitungan nilai rata-rata sebesar 32,345 dan standar deviasi sebesar 3,338. Sedangkan untuk akhlak siswa kelas IV terhadap sesama di SD IT Harapan Bunda (Y) diperoleh hasil penelitian dengan perhitungan nilai rata-rata sebesar 51,689 dan standar deviasi sebesar 4,74, hal ini masuk dalam kategori cukup baik.
Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring terhadap akhlak siswa kelas IV terhadap sesama di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015, peneliti menggunakan uji korelasi product moment dan uji regresi linier. Dari perhitungan uji korelasi product moment, diperoleh indeks korelasi sebesar r_xy= 0,878. Setelah diperoleh indeks korelasi, kemudian dikonsultasikan dengan r_tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1 % dengan asumsi, jika r_xy> r_tabel (5%) berarti signifikan artinya hipotesis diterima. Karena r_xy (0,878)> r_tabel (0,266) dan (0,345) pada taraf signifikan 5% dan 1%, berarti signifikan artinya hipotesis diterima. Jika di interpretasikan pada tabel skala interpretasi koefisien korelasi, maka tingkat hubungan antara kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring terhadap akhlak siswa kelas IV terhadap sesama di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015 adalah sangat kuat.
Hasil penelitian perhitungan uji regresi, maka diperoleh F_hitung sebesar 189,356 jika F_hitung≥ F_tabel maka tolak Ho berarti signifikan. Karena 189,356≥(4,02)(7,12), maka dapat disimpulkan bahwa data bersifat signifikan, baik taraf signifikan 5% ataupun 1%. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan mengikuti kegiatan mentoring terhadap akhlak siswa kelas IV terhadap sesama di SD IT Harapan Bunda Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahwan Fanani, M. Ag.; H. Abdul Kholiq, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak siswa; Kedisiplinan; Mentoring; Kegiatan siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 05:02
Last Modified: 24 Nov 2015 05:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics