Pendidikan agama bagi peserta didik muslim di lembaga pendidikan non muslim (studi deskriptif di SMA Bopkri 1 Pati tahun ajaran 2014/2015)

Asih, Intan Nur (2015) Pendidikan agama bagi peserta didik muslim di lembaga pendidikan non muslim (studi deskriptif di SMA Bopkri 1 Pati tahun ajaran 2014/2015). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113111114.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan agama bagi peserta didik muslim yang berada di lembaga pendidikan non muslim. Kajian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa muslim yang bersekolah di sekolah non muslim salah satunya di SMA Bopkri 1 Pati. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penyelenggaraan pendidikan agama di SMA Bopkri 1 Pati? (2) Bagaimana pemenuhan hak peserta didik muslim dalam mendapatkan pendidikan agama di SMA Bopkri 1 Pati? Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan. Penelitian kualitatif yaitu data-data yang ada berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka atau data statistik. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pendidikan agama di SMA Bopkri 1 Pati diwujudkan melalui mata pelajaran religiositas. Mata pelajaran religiositas merupakan mata pelajaran yang didalamnya terdapat komunikasi antar iman, baik antar siswa yang seagama maupun siswa yang beda agama dan kepercayaan agar membantu siswa menjadi manusia yang religius, bermoral dan terbuka. Bahan pelajaran atau materi dalam Pendidikan Religiusitas lebih menekankan pada nilai-nilai keimanan, pengetahuan masing-masing agama secara global, dan tidak ada materi tentang tata cara beribadah dari masing-masing agama. Untuk pemenuhan hak siswa muslim dalam mendapatkan pendidikan agama jika mengacu pada UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 12 ayat 1 poin a tentang hak setiap peserta didik untuk mendapatkan pendidikan agama sesuai agamanya dan diajarkan oleh guru yang seagama, hak siswa muslim belumlah terpenuhi secara maksimal. Meskipun disana terdapat mata pelajaran religiusitas namun hal itu belum bisa memenuhi kebutuhan akan pendidikan agama. Hal ini dikarenakan dalam religiusitas secara garis besar mengajarkan toleransi antar umat beragama sedangkan untuk pendalaman agamanya belum ada. Selain itu di SMA Bopkri 1 Pati belum ada guru pendamping yang seagama dengan siswanya Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pendidik, para peneliti dan para praktisi pendidikan terutama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Juga semua pihak yang membutuhkan khususnya Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Drs. Achmad Sudja’i, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama; Lembaga Pendidikan Non Muslim; Siswa muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 05:05
Last Modified: 24 Nov 2015 05:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4693

Actions (login required)

View Item View Item