Efektivitas Metode Pembelajaran Resitasi (Recitation Method) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Energi dan Perubahannya Kelas IV MI Masalikil Huda I Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara

Fudl-la, Atik (2012) Efektivitas Metode Pembelajaran Resitasi (Recitation Method) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Energi dan Perubahannya Kelas IV MI Masalikil Huda I Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911068_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911068_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911068_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911068_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911068_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911068_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911068_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Metode resitasi (Recitation Method) merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penggunaan metode pembelajaran di MI Masalikil Huda 1 Tahunan Jepara dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA yang dicapai peserta didik. Dengan menggunakan metode pembelajaran ini peserta didik dapat belajar bersama, saling membantu, mengintegrasikan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah mereka miliki, menemukan pemahamannya sendiri lewat eksplorasi dalam diskusi, saling merevisi, menjelaskan dan mempertanyakan gagasan-gagasan yang muncul dalam kelompoknya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang berdesain “post test control group design”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran resitasi (recitation method) dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi pokok energi dan perubahannya kelas IV Mi Masalikil Huda I Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian populasi yaitu berupa keseluruhan subjek yang ada dalam penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B MI Masalikil Huda 1 Tahunan Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Karena penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga semua kelas menjadi sampel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas IV A dan IV B. yang kemudian setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas pada kedua kelas tersebut yang terpilih menjadi kelompok pertama sebagai kelas eksperimen yaitu kelas IV A dan kelompok kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas IV B. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Setelah data dianalisis, diperoleh hasil sebagai berikut: kelompok eksperimen dan kontrol memiliki rata-rata hasil belajar berturut-turut adalah = 4,542 dikonsultasikan dengan pada α = 5 % = 56 diperoleh = 1,67. Oleh karena > , maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran yang menggunakan metode resitasi dengan hasil pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional berbeda secara nyata. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan metode resitasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok IPA peserta didik kelas IV MI Masalikil Huda 1 kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan metode resitasi dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Resitasi; Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:48
Last Modified: 04 Dec 2013 04:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item