Peningkatan hasil belajar siswa dengan media peraga tulang Napier (Tabel Napier) pada pembelajaran Matematika materi perkalian di kelas V MI Gisikdrono Semarang Semester I tahun 2014/2015

Budiyono, Budiyono (2015) Peningkatan hasil belajar siswa dengan media peraga tulang Napier (Tabel Napier) pada pembelajaran Matematika materi perkalian di kelas V MI Gisikdrono Semarang Semester I tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911127.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan media peraga tulang napier (tabel napier) pada materi perkalian dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MI Gisikdrono Semarang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Gisikdrono Semarang yang berjumlah 14 orang. Obyek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran berhitung perkalian dengan menggunakan tulang napier (tabel napier). Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah digunakannya media peraga tulang napier (tabel napier) pada materi perkalian. Peningkatan keaktifan dapat dilihat pada tabel observasi yaitu pra siklus sebesar 38%, pada siklus I meningkat menjadi 69% dan siklus II meningkat menjadi 81%. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik pra siklus sebesar 43 %, pada siklus I 86%, dan siklus II meningkat menjadi 100%. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa yang sesuai standar KKM 70 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, pada pra siklus hanya ada 6 siswa yang tuntas dan ada 8 siswa yang tidak tuntas, pada siklus I ada 12 siswa yang tuntas dan ada 2 siswa yang tidak tuntas dan pada siklus II seluruh siswa sejumlah 14 telah tuntas belajarnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa penggunaan media peraga tulang napier (tabel napier) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi perkalian siswa kelas V MI Gisikdrono Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Nasirudin, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Matematika; Media pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 06:18
Last Modified: 24 Nov 2015 06:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4704

Actions (login required)

View Item View Item