Penerapan model problem solving dengan pendekatan saintifik berbantuan lembar kerja untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X A materi aturan sinus dan aturan kosinus semester genap MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Syaro'ni, Umam (2015) Penerapan model problem solving dengan pendekatan saintifik berbantuan lembar kerja untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X A materi aturan sinus dan aturan kosinus semester genap MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511107_Umam_Syaro'ni]
Preview
Text (SKRIPSI_113511107_Umam_Syaro'ni)
113511107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatankemampuan menentukanaturan sinus dan kosinus dengan pendekatan Problem Solving dengan pendekatan saintifik berbantuan lembar kerja bagi peserta didik kelas XA. Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kelas X kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika kurang dari KKM. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik rata – rata belum bisa menentukan aturan sinus dan kosinus, tidak berani bertanya mengenai materi yang belum dipahami, bermain sendiri, berbicara dengan teman sebelahnya, tidak berani mengemukakan pendapat.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : apakah penerapan Problem Solving dengan pendekatan saintifik berbantuan lembar kerja pada pembelajaran materi aturan sinus dan kosinus dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XA. di MA Matholi’ul Huda TROSO PECANGAAN Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas XA MA Matholi’ul Huda TROSO PECANGAAN Jepara Tahun Pelajaran2014/2015dengan jumlah 32peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumen, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase keaktifan dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pra siklus keaktifan peserta didik 44,88%, pada siklus I meningkat menjadi 68,52% dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 78,68%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari pra siklus dengan nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan belajar klasikal 27.02%, meningkat menjadi 87 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,21% pada siklus I, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 92,8 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 96,87%.
Pembelajaran Problem Solving dengan pendekatan saintifik berbantuan lembar kerja dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar, untuk itu pembelajaran tersebut bisa digunakan dalam strategi menyampaikan materi ajar sehingga peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Problem Solving dengan pendekatan saintifik berbantuan lembar kerja dapat menjadi motivasi, inovasi dan variasi dalam pembelajaran. Selanjutnya para guru dapat lebih berkreasi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil blajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 06:22
Last Modified: 22 May 2021 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics