Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nasima Semarang

Jannah, Miftakhul (2010) Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nasima Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63311015.pdf - Accepted Version

Download (627kB) | Preview

Abstract

Rumusan Masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di SMP Nasima Semarang, (2) Bagaimana optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nasima Semarang, (3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nasima Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di SMP Nasima Semarang, (2) mendiskripsikan optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nasima Semarang, (3) mendiskripsikan kelebihan dan kekurangan optimalisasi manajemen sarana dan prasarana guna meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nasima Semarang. Jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan deskriptif yaitu peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada. Analisis penelitian kualitatif ini dilakukan bersama dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di SMP Nasima meliputi: perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, penataan, penggunaan, pemeliharaan, dan penghapusan. Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nasima dengan melakukan pengadaan fasilitas pembelajaran serta penggunaan, penataan, pemeliharaan sarana dan prasarana secara optimal. Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana yang dilaksanakan cukup optimal, karena masih ada kekurangan. Kelebihan dari optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu: (a) memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, (b) memudahkan peserta didik dalam memahami materi, (c) memudahkan dalam mengakses informasi pendidikan, (d) meningkatkan minat baca peserta didik, (e) menanamkan jiwa anti korupsi sejak dini, (f) memudahkan dalam ulangan, (g) mengembangkan bakat peserta didik, (h) memudahkan dalam pelaksanaan praktikum, (i) mengembangkan psikomotorik peserta didik, (j) lingkungan kelas maupun luar kelas yang selalu bersih, (k) suasana kelas yang selalu kondusif dan nyaman, (l) pemeliharaan gedung satu tahun sekali, meminimalisir biaya perawatan. Adapun kekurangan dari optimalisasi manajemen sarana dan prasarana yaitu: (a) pemeliharaan media kurang efektif, (b) penanggungjawab sarana prasarana kurang efektif (c) jadwal penggunaan laboratorium sering berbenturan, (d) petunjuk penggunaan media sering tidak diperhatikan oleh peserta didik, (e) sarana dan prasarana kurang terkontrol dengan baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen sarana dan prasarana; Mutu pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Nur Uhbiyati, M. Pd.; Ismail, SM., M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 08:21
Last Modified: 25 Nov 2015 08:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item