Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi aplikasi turunan fungsi melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) studi tindakan kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal

Sakiroh, Akidatis (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi aplikasi turunan fungsi melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) studi tindakan kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511017_Akidatis_Sakiroh]
Preview
Text (SKRIPSI_063511017_Akidatis_Sakiroh)
63511017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan dikelas XI-A MA NU 06 Cepiring yaitu nilai rata-rata peserta didik pada materi Kalkulus pokok bahasan turunan fungsi yaitu 51 pada tahun pelajaran 2008/2009. Berdasarkan pengamatan diperoleh fakta kurangnya aktifitas peserta didik pada pelajaran matematika, kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru, peserta didik yang tidak memahami tersebut tidak mau bertanya. Diharapkan pembelajaran melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) akan meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik pada materi aplikasi turunan fungsi pada tahun berikutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dengan SPPKB dalam mata pelajaran matematika khususnya pada materi aplikasi turunan fungsi pada peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal, (2) mengetahui cara meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal khususnya dalam materi aplikasi turunan fungsi.
Penelitian ini dilakukan mengambil subjek penelitian peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring tahun pelajaran 2009/2010 sejumlah 37 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengambilan data ada 3 metode yaitu (1) dokumentasi, (2) tes, dan (3) pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui SPPKB sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring. Hal ini didasarkan pada nilai tes pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 65, dan ketuntasan klasikalnya mencapai 70,27%. Pada tes akhir siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik menjadi 76,13 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 86,49%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut peserta didik mengambil kesimpulan bahwa Pembelajaran matematika melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan hasil belajar, aktifitas, minat dan motivasi peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal khususnya pada materi aplikasi turunan fungsi. Diharapkan ada penelitian yang serupa sehingga ada rekomentasi yang meyakinkan tentang efektifitas SPPKB dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Strategi Pembelajaran; Peningkatan Kemampuan Berpikir; Studi Tindakan Kelas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 08 Dec 2015 04:24
Last Modified: 26 Jun 2021 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics