Studi komparasi pemahaman konsep materi program linear peserta didik yang menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMA N 1 Tahunan Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Ifati, Adin Nadiya (2015) Studi komparasi pemahaman konsep materi program linear peserta didik yang menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMA N 1 Tahunan Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113511034.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terjadinya perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep materi program linear peserta didik yang menggunakan KTSP dan kurikulum 2013 di SMAN 1 Tahunan Jepara. Ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Komparasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membandingkan pemahaman konsep materi program linear antara peserta didik yang menggunakan KTSP dan kurikulum 2013. Sampel penelitian ini adalah kelas XII-IPA3 sebagai sampel penelitian KTSP dan kelas XI-MIA4 sebagai sampel penelitian kurikulum 2013. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai UN untuk analisis data awal sebelum mengambil sampel. Metode observasi digunakan untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran di kelas penelitian. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data pemahaman konsep materi program linear. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji statistik perbandingan rata-rata kelas KTSP dan kelas kurikulum 2013 dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep materi program linear peserta didik yang menggunakan KTSP adalah 84,358. Sedangkan pada peserta didik yang menggunakan kurikulum 2013 adalah 85,497. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji t diperoleh thitung = -0,4262 dan ttabel = 1,997 pada taraf signifikansi (α) 5% dan dk = (n1+n2-2) = 66. Diketahui bahwa -thitung < ttabel < thitung , maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan pemahaman konsep pada materi program linear antara peserta didik yang menggunakan KTSP dan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: pembimbing: Saminanto, S. Pd., M. Sc.; Hj. Nur Asiyah, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP); Program linear; Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 09:51
Last Modified: 25 Nov 2015 09:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item