Implementasi Mahãrah Kitãbah terhadap Kemampuan Imla’ Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Kelas XA MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak)

Handayani, Laili (2010) Implementasi Mahãrah Kitãbah terhadap Kemampuan Imla’ Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Kelas XA MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
LailiHandayani_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LailiHandayani_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LailiHandayani_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LailiHandayani_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text
LailiHandayani_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
LailiHandayani_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
LailiHandayani_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LailiHandayani_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran kitabah dan kemampuan imla' siswa kelas XA MA Mazro’atul Huda Demak 2) Untuk mengetahui problem yang dihadapi siswa kelas XA Mazro’atul Huda Demak dalam imla' 3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi problem imla' bagi siswa kelas Xa MA Mazro’atul Huda Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xa MA Mazro’atul Huda karena penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas Xa MA Mazro’atul Huda Demak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes. Dalam melakukan obervasi, peneliti terjun langsung dikelas mengikuti jalannya pelajaran dari awal sampai akhir untuk memperoleh data yang dibutuhkan sedangkan tes dilaksanakan untuk megetahui kemampuan siswa dalam imla' serta melihat perkembangan hasil yang diperoleh siswa dalam imla'. Sumber data primer dalam penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan siswa kelas Xa Madrasah Aliyah Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif atau analisis nonstatistik. Kegiatan analisis juga dilakukan dengan melakukan catatan reflektif yakni pemikiran yang timbul saat penulis mengamati jalannya proses pembelajaran imla' dan merupakan proses membandingkan, mengaitkan atau menghubungkan data yang ditampilkan dengan data sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas Xa Mazro’atul Huda Demak menghadapi problem dalam menulis imla'. Adapun faktor penyebabnya adalah 1) Siswa kurang terbiasa dengan menulis imla' karena pelajaran imla' kurang mendapat perhatian khusus dari pihak pengajar 2) Faktor dari guru yaitu ketika membacakan kata yang diimla' kurang fasih makhrojnya dan dengan ejaan yang agak cepat 3) Siswa kurang mengetahui kaidah tulisan arab 4) Siswa kurang menguasai kosa kata bahasa Arab 5) Minat siswa yang kurang dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab, termasuk imla'. Adapun solusinya 1) Membuat siswa agar terbiasa dengan imla' yaitu dengan diterapkannya pelajaran imla' pada siswa dengan kapasitas waktu yang mencukupi 2) Guru harus memperhatikan setiap huruf yang dibacakan, makhrojnya serta bacaan madnya dan dengan ejaan yang tidak terlalu cepat 3) Siswa diberikan pengertian tentang kaidah menulis arab yang benar 4) Siswa diberi pengetahuan kosa kata yang lebih banyak 5) Guru senantiasa memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat mengikuti pelajaran Peneliti melakukan serangkaian tes imla’ untuk mengetahui kemampuan imla’ siswa. Tes dilakukan sebanyak sepuluh kali dengan materi tentang sekolah, keluarga, fasilitas umum, hobi, dan profesi. Pada tes awal dilakukan dengan materi yang mudah kemudian terus meningkat ke materi yang lebih sulit pada tes-tes selanjutnya. Hasil tes pertama menunjukkan kemampuan imla’ siswa tergolong rendah. Setelah sepuluh kali dilakukan tes, sedikit-demi sedikit kemampuan siswa menanjak lebih baik. Motivasi juga selalu diberikan kepada siswa di setiap pelatihan imla’. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa dapat melakukan imla’ dengan baik asalkan pengajaran imla’ lebih sering dilakukan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Maharah Kitabah; Kemampuan Imla'; Keterampilan Menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2013 05:55
Last Modified: 24 Mar 2014 08:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item