Upaya penerapan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem peredaran darah manusia di MTs Miftahul Huda Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Wahhab, Abdul (2015) Upaya penerapan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem peredaran darah manusia di MTs Miftahul Huda Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
11381172.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi pembelajaran di MTs.Miftahul Huda Kedung Leper Jepara pengenalan belajar mengajar masih terbilang konvensional sehingga peserta didik kurang begitu memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan harapan pembelajaran lebih menarik dan bisa memahamkan siswa sehingga dapat tercapai hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. Keadaan yang demikian harus segera di atasi agar proses pembelajaran dapat mencapai indikator yang diharapkan. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai selama ini, yaitu kemampuan berfikir siswa rendah, waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung, di dalam kelas tidak menarik perhatian siswa. Di samping itu guru hanya menggunakan metode yang monoton tanpa menggunakan variasi model pembelajaran dan bahkan tidak memanfaatkan media yang ada dan yang dibutuhkan oleh siswa dengan tujuan pembelajaran umum dalam silabus. Bertolak dari hal tersebut, maka dalam rangka upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar dilakukan pembelajaran yang bersifat tindakan kelas dengan tujuan agar proses belajar mengajar dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa mempunyai motivasi belajar yang sangat tinggi, keadaan kelas lebih kondusif dan terkendali, karena siswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar dapt meningkat. Masalah penelitian dalam skripsi ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep Sistem peredaran darah pada manusia. Disamping hasil belajar yang diperhatikan, apakah aktivitas belajar siswa dapat mengalami peningkatan. Tujuan penelitian untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar mata pelajaran biologi. meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran biologi dan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Jepara dengan tercapainya ketuntasan belajar klasikal secara maksimal. Penelitian ini di lakukan pada siswa kelas VIII A semester Genap MTs Miftahul Huda Jepara yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus di mulai dari perencanaan mengajar yang tertulis dalam program silabus pelajaran dan rencana pembelajaran. Metode pembelajaran yang di gunakan adalah PBL. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes setiap akhir siklus. Berdasarkan analisis data dalam setiap siklusnya menunjukan bahwa rata-rata nilai dan ketuntasan belajar siklus I dan II berturut turut adalah 72,80 (68%) dan 83,20 (96%), sedangkan rata-rata dan prosentase aktivitas belajar siswa secara berturut-turut dari siklus I dan Siklus II adalah 16,00 (67%) dan 19,40 (81%) berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian telah tercapai. Yaitu siswa telah memenuhi kreteria ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 80 % dari jumlah siswa telah memperoleh nilai 70 ke atas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran IPA biologi dengan metode PBL ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem peredaran darah pada manusia. Disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran PBL. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini, sehingga kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar. Kata kunci : Sistem peredaran darah manusia, Pbl, Hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Problem Based Learning; Peredaran darah manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Additional Information: Pembimbing: Siti Mukhlishoh Setyawati, M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 01:28
Last Modified: 30 Nov 2015 01:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item