Implementasi metode snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar fiqih materi binatang halal pada siswa kelas V semester 1 MI NU 08 Brangsong Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Makhzun, Makhzun (2015) Implementasi metode snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar fiqih materi binatang halal pada siswa kelas V semester 1 MI NU 08 Brangsong Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911151.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: Apakah motode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mapel fiqih materi pokok binatang halal semester ganjil kelas V di MI NU 08 Brangsong Kendal Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI NU 08 Brangsong, Kendal pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 25 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap pada setiap siklusnya, Yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, pengamatan, dan dokumentasi.Sedangkan hasil analisis data dihitung secara kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase yang disebut percenteges correction. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar individu dan klasikal. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode : wawancara, observasi, dokumentasi dan tes evaluasi, dan LKS (lembar kerja siswa). Data hasil pengamatan tes evaluasi diolah dengan anlisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan motode pembelajaran snowball throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar Fiqih siswa melalui metode pembelajaran snowball throwing mengalami peningkatkan hasil belajar, khususnya pada materi pokok binatang halal pada siklus I diperoleh nilai rata – rata kelas 74,6 dengan ketuntasan belajar 96%. Aktivitas belajar antar siswa 83% dan aktivitas belajar siswa dengan guru sebesar 93,3% dan meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan belajar 100%. Aktivitas belajar antar siswa 98,3% dan aktivitas belajar siswa dengan guru 100% pada siklus II . Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata kelas dari 74,6 menjadi 82 serta ketuntasan belajar klasikal dari siklus I dan siklus II sebesar 4%. Sehingga tidak perlu dilakukan siklus III.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Snowball Throwing; Makanan halal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Fihris, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 01:46
Last Modified: 30 Nov 2015 01:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4746

Actions (login required)

View Item View Item