Efektivitas CD interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem ekskresi di SMA N 14 Semarang kelas XI program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) th 2014/2015

Mahbubah, Azizatul (2015) Efektivitas CD interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem ekskresi di SMA N 14 Semarang kelas XI program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) th 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113811003.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Guru masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional dan kurang memanfaatkan media elektronik yang ada. Pembelajaran menjadi tidak efektif dan peserta didik cenderung pasif serta tidak bersemangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah menggunakan CD Interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem ekskresi di SMA N 14 Semarang kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) TP 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimental. Jenis metode eksperimen yang digunakan adalah eksperimen murni (true experimental), dengan desain penelitian Post test-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA N 14 Semarang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga dalam penelitian ini diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas Eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas Kontrol. Kelas XI IPA 2 terdiri dari 34 peserta didik dan kelas XI IPA 3 terdiri dari 35 peserta didik. Dalam penelitian ini untuk mengetahui keadaan awal kedua kelompok data yang digunakan berupa nilai ulangan harian pada semester ganjil. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif pada materi sistem ekskresi. Sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran tanpa menggunakan CD Interaktif (pembelajaran Konvensional). Setelah pembelajaran selesai, kedua kelompok diberi post-test yang sama. Post-test inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah CD Interaktif efektif terhadap meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem ekskresi di SMA N 14 Semarang kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) TP 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nilai ulangan harian semester ganjil dan data peserta didik. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik. Observasi digunakan untuk mengetahui keadaan pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas kontrol maupun eksperimen. Untuk mendapatkan data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Data hasil penelitian yang telah terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t. Uji t yang digunakan dalam penelitian adalah uji t pihak kanan. Berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 6,2 dan ttabel = 1,671. Karena diperoleh thitung > ttabel, maka signifikan dan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Artinya rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelompok kontrol, dan kemudian dapat disimpulkan bahwa CD Interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem ekskresi di SMA N 14 Semarang kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam TP 2014/2015. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi guru maupun calon guru bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif lebih baik dari pada hasil belajar pada pembelajaran tanpa menggunakan CD Interaktif (Konvensional). Kata kunci: efektivitas, Media, Hasil belajar, Sistem Ekskres

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam; Hasil belajar; Pembelajaran interaktif; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Rohman, M. Ag.; Dr. Lianah, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 01:52
Last Modified: 30 Nov 2015 01:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4748

Actions (login required)

View Item View Item