Manajemen pelatihan manasik haji pada anak-anak (studi kasus pada RA Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus) tahun 2014

Shofia, Naila (2015) Manajemen pelatihan manasik haji pada anak-anak (studi kasus pada RA Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus) tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
111311007.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh Naila Shofia dengan judul “Manajemen Pelatihan Manasik Haji pada Anak-anak (Studi Kasus pada RA.Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus) Tahun 2014”. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui pelatihan manasik haji pada anak-anak RA.Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus pada tahun 2014, kedua, untuk mengetahui penerapan manajemen dalam pelatihan manasik haji pada anak-anak RA.Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus tahun 2014, ketiga, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelatihan manasik haji pada anak-anak RA.Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus tahun 2014 Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pertama, bagaimana pelatihan manasik haji pada anak-anak RA. Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus tahun 2014, kedua, bagaimana penerapan manajemen dalam pelatihan manasik haji pada anak-anak RA.Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus tahun 2014, ketiga, bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelatihan manasik haji pada anak-anak RA. Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu menyajikan data dengan cara menggambarkan kenyataan sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelatihan manasik haji anak-anak RA.Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus yang bertempat di Masjid Agung Kudus dilaksanakan mulai pukul 05.30 WIB s/d selesai, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan manasik haji anak-anak yang bertempat di Lapangan Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Adapun penerapan manajemen dalam pelatihan manasik haji anak-anak ini adalah 1). Perencanaan (mengadakan persiapan pelatihan pelatihan manasik haji anak-anak) 2). Pengorganisasian (mengadakan rapat koordinasi dengan pengelola RA.Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus, terkait pelatihan manasik haji anak-anak) 3). Penggerakan (mengadakan pelatihan mandiri oleh RA.Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus sebelum pelatihan pelatihan manasik haji anak-anak seperti: pemberian materi tentang apa saja dalam pelatihan manasik haji dan pelatihan manasik haji kecil-kecilan dengan properti yang telah tersedia 4). Pengawasan (adanya pengawasan terkait persiapan pelatihan mandiri yang telah direncanakan dari awal. Faktor Pendukung 1). Adanya pembimbing yang kompeten serta tim khusus yang membimbing anak-anak-anak dalam pelatihan 2). Sarana dan prasarana yang mendukung 3). Adanya pihak pembimbing dan panitia yang mengarahkan dalam pelatihan 4). Adanya pelatihan dari pihak RA.Khurriyatul Fikri sebelum pelatihan 5). Pematangan materi untuk anak-anak dari pembimbing. Sedangkan Faktor Penghambat adalah 1). Kondisi waktu yang kurang efektif dan efesien sehingga menimbulkan kurangnya konsentrasi anak 2). Sulitnya hafalan yang terlalu panjang untuk anak-anak 3). Hanya melibatkan pembimbing dalam pelatihan manasik haji.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Manasik Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Additional Information: Pembimbing: Dr. Awalauddin Pimay, Lc., M. Ag.; Agus Riyadi, S. Sos.I., M.S.I.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Nov 2015 08:32
Last Modified: 30 Nov 2015 08:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4758

Actions (login required)

View Item View Item