Komodifikasi nilai agama dalam iklan televisi (studi analisis semiotik pada iklan Wardah)

Widah, Faiqatun (2015) Komodifikasi nilai agama dalam iklan televisi (studi analisis semiotik pada iklan Wardah). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 101211051.pdf]
Preview
Text
101211051.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana nilai agama dikomodifikasi dalam tayangan televisi khususnya iklan televisi. Iklan televisi merupakan salah satu media komunikasi yang sengaja dibuat untuk menarik khalayak dengan tujuan untuk memperoleh profit atau dapat dikatakan sebagai salah satu komoditas dalam media massa. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis iklan televisi Wardah versi Dian Pelangi, in Search of a Beauty dan True Colors. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh brand ambassador yang membintangi iklan tersebut menggunakan atribut nilai agama dalam periklanan, dan nilai agama pada iklan ini menjadi komoditas, sehingga terjadi pengalihan fungsi nilai agama menjadi nilai tukar. Iklan tersebut sesuai dengan tema yang peneliti ambil yakni komodifikasi agama, tema ini menjadikan agama sebagai pemanfaatan dari kegunaannya yang kemudian ditransformasikan menjadi sebuah komoditas (nilai jual) dan kepentingan tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana komodifikasi nilai agama dalam iklan televisi Wardah versi: Dian Pelangi, in Search of a Beauty dan True Colors?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami makna tanda-tanda komodifikasi nilai agama pada tayangan iklan televisi Wardah versi “Dian Pelangi, in Search of a Beauty dan True Colors”. Penelitian ini menggunakan studi analisis semiotik Charles Sander Peirce. Pendekatan Kualitatif, merupakan pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi dan observasi non partisipan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepentingan pembuat iklan untuk mengajak masyarakat/konsumen untuk menggunakan produk Wardah. Melalui penggunaan visual tanda-tanda keagamaan, menjadi sesuatu yang mutlak untuk mendapatkan empati dan simpati khalayak untuk membeli dan menggunakan produk Wardah. Penulis menyadari bahwa tanda yang digunakan hanyalah sebagai konsep cerita yang untuk mempromosikan produk. Hal inilah yang menjadi komoditas seperti dikatakan Mosco tentang adanya pengalihan fungsi guna menjadi fungsi jual yang berwujud kapitalis. Nilai agama yang dikomodifikasi diantaranya: nilai religius, nilai halal, nilai kecantikan, nilai sopan santun, nilai kemandirian dan nilai kepedulian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Chodzirin, M. Kom.
Uncontrolled Keywords: Advertising; Iklan Televisi; Nilai-nilai Agama
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2015 09:22
Last Modified: 23 Dec 2015 09:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4778

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics