Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Materi Pokok Sumber Daya Alam dan Teknologi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament(TGT) di Kelas IV MI NU 59 Sendang Dawung Tahun Ajaran 2011-2012

Imro’atun, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Materi Pokok Sumber Daya Alam dan Teknologi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament(TGT) di Kelas IV MI NU 59 Sendang Dawung Tahun Ajaran 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911085_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911085_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911085_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911085_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911085_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911085_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911085_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan di kelas IV MI NU Sendang Dawung khususnya pelajaran IPA yaitu nilai rata-rata peserta didik pada materi pokok sumber daya alam dan teknologi belum mencapai KKM. Berdasarkan pengamatan diperoleh fakta rendahnya aktifitas peserta didik pada pelajaran IPA. Kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yaitu guru menjelaskan materi kepada peserta didik sedangkan peserta didik mendengarkan penjelasan guru di tempat masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada materi pokok sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MI NU 59 Sendang Dawung tahun ajaran 20011/2012, (2) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MI NU 59 Sendang Dawung tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI NU 59 Sendang Dawung tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sedangkan teknik pengambilan data meliputi 4 metode, yaitu: (1) wawancara, (2) dokumentasi, (3) tes dan (4) observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV MI NU 59 Sendang Dawung dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Hal ini didasarkan pada nilai tes siklus 1 rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 64, dan ketuntasan klasikal mencapai 55,56%. Pada tes siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 72,39 dan ketuntasannya mencapai 75%. Pada tes akhir siklus III rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 80,44 dan ketuntasannya mencapai 93,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI NU 59 Sendang Dawung tahun 2011/2012 pada materi pokok sumber daya alam dan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Team Games Tournament (TGT); Sumber Daya Alam; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 07:50
Last Modified: 04 Dec 2013 07:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item