Pengaruh dukungan sosial ayah terhadap motivasi belajar anak pada keluarga TKW di Desa Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal (analisis bimbingan keluarga Islami)

Hasanah, Lutfiana Intan (2015) Pengaruh dukungan sosial ayah terhadap motivasi belajar anak pada keluarga TKW di Desa Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal (analisis bimbingan keluarga Islami). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
101111069.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Lutfiana Intan Hasanah (101111069) yang berjudul “Pengaruh Dukungan Sosial Ayah terhadap Motivasi Belajar Anak pada Keluarga TKW di Desa Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal”. Ketidakberadaan ibu di rumah yang bekerja ke luar negeri sebagai TKW sangat berpengaruh pada hasil belajar anak karena kurangnya perhatian yang didapatkan anak dari ibunya. Dalam hal ini peran ayah sangat penting dalam menggantikan perhatian serta dukungan yang tidak didapatkan anak dari ibunya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur secara empirik pengaruh dukungan sosial ayah terhadap motivasi belajar anak pada keluarga TKW. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak yang ditinggal ibunya bekerja ke luar negeri sebagai TKW yang tinggal bersama ayah di Desa Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal yang berjumlah 63 anak. Kriteria anak yang dijadikan responden adalah berdasarkan: (1) lama ditinggal ibu ke luar negeri (2) pekerjaan ayah (3) hasil prestasi belajar anak. Pengukuran data penelitian menggunakan skala psikologi yang terdiri dari skala motivasi belajar anak dan dukungan sosial ayah. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F regresi sebesar 6,185 lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 0,05 = 3,61 dan 0,01 = 4,63, dan nilai signifikan (p value) 0,012 yang nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05, dan dengan nilai R square sebesar 0,724 yang menunjukkan pengaruhnya sebesar 72,4%. Adapun sisanya 27,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian yaitu: pergaulan di sekolah, tingkat kecerdasan anak. Selain itu, diperkuat juga dengan t-hitung sebesar 5,581 dengan nilai signifikan 0,00 yang nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, artinya hipotesis diterima, semakin tinggi dukungan sosial ayah semakin tinggi tingkat motivasi bealajar anak. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial ayah maka semakin rendah pula motivasi belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar anak; Keluarga TKW
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Additional Information: Pembimbing: Baidi Bukhori, S. Ag., M. Psi.; Safrodin, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2015 06:07
Last Modified: 31 Dec 2015 06:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4798

Actions (login required)

View Item View Item