Korelasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas III, IV, dan V SD 3 Krajan Kulon Kaliwungu Kab. Kendal Tahun 2012

Chosiah, Chosiah (2013) Korelasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas III, IV, dan V SD 3 Krajan Kulon Kaliwungu Kab. Kendal Tahun 2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111137_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111137_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111137_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111137_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111137_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111137_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111137_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas prestasi pendidikan agama Islam dan perilaku keagamaan siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara prestasi belajar PAI (X) dengan perilaku keagamaan siswa kelas III, IV, Dan V SDN 3 Krajankulon Kaliwungu Kab. Kendal tahun 2012 (Y). Penelitian ini mengunakan metode angket dengan teknik korelasional. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah semua siswa yang duduk di kelas III, IV, dan V SDN 3 Krajankulon. karena responden lebih dari seratus maka diambil 25 % dari keseluruhan sehingga yang tercantum berjumlah 33 siswa. Sampel ini diambil dengan menggunakan tehnik stratified random sampling. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Untuk mengetahui ada dan tidaknya korelasi antara X dan Y tersebut penulis melakukan pengujian dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata–rata Pendidikan Agama Islam adalah baik. Artinya nilai rata–rata dari 33 sampel menunjukkan angka 77, dimana setelah dimasukkan ke dalam standar kualifikasi penilaian berada dalam kategori cukup baik. Jadi nilai Pendidian Agama Islam yang diperoleh siswa kelas III, IV, dan V SDN 3 Krajankulon Kaliwungu Kab. Kendal adalah cukup baik. Dari angket mengenai perilaku keagamaan siswa yang dibagikan kepada 33 responden, berdasarkan penghitungan didapatkan nilai rata-rata 59,15 artinya masih dalam kategori baik karena setelah dimasukkan kedalam standar kualifikasi termasuk dalam kategori cukup baik. Terdapat korelasi positif antara Prestasi pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan siswa kelas III, IV, dan V SDN 3 Krajankulon Kaliwungu Kendal dari penghitungan hasil nilai Product Moment dari variabel X dan Y kemudian dikonsultasikan dengan koefisian korelasi yang ada pada tabel N = 33 dalam taraf signifikasi 5 % dan 1 %. Dalam taraf signifikasi 5 % rxy : 0, 521, rtabel = 0,344 , sedangkan dalam taraf signifikasi 1 % rxy = 0,521, rtabel = 0,442 berarti rxy > rtabel baik dalam taraf signifikasi 5% maupun 1 % hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar PAI mempunyai korelasi yang signifikan dengan perilaku keagamaan siswa SDN 3 Krajankulon Kaliwungu Kab. Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Perilaku Keagamaan; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 07:55
Last Modified: 04 Dec 2013 07:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item