Pengaruh pengidolaan dai seleb di televisi terhadap sikap sosial remaja kelas XI SMK NU 02 Rowosari Kendal

Jayantri, Mila (2015) Pengaruh pengidolaan dai seleb di televisi terhadap sikap sosial remaja kelas XI SMK NU 02 Rowosari Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 101211068.pdf]
Preview
Text
101211068.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Istilah dai seleb menjadi popular. Para dai memiliki ketenaran sebagai selebritis dan penceramah. Para dai pun dalam berpenampilan seperti seorang artis, sehingga dai menjadi trendsetter, dan para jamaah cenderung meniru gaya serta penampilannya. Selain itu, para dai pun tidak hanya tampil dalam acara ceramah keagamaan, namun para dai juga tampil dalam sinetron dan iklan serta kehidupannya diekspos dalam tayangan-tayangan infotainment. Ketika para dai ini telah menjadi selebritis, maka terjadi pengidolaan dai seleb di televisi. Berdasarkan fenomena tersebut, penulis tertarik untuk meneliti dengan menggunakan analisis kuantitatif yang bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Variabel X dalam penelitian ini adalah pengidolaan dai seleb di televisi dan Variabel Y-nya yaitu sikap sosial remaja, sehingga penulis merumuskan masalah adakah pengaruh pengidolaan dai seleb di televisi terhadap sikap sosial remaja. Sampel penelitiannya adalah remaja kelas XI SMK NU 02 Rowosari, Kendal sebanyak 38 siswa. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode angket. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh signifikan pengidolaan dai seleb di televisi terhadap sikap sosial remaja kelas XI SMK NU 02 Rowosari, Kendal. Metode analisis datanya menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengidolaan dai seleb di televisi terhadap sikap sosial remaja kelas XI SMK NU 02 Rowosari, Kendal sebesar 75% dan sisanya yaitu 25% dijelaskan oleh prekdiktor lain. Atas dasar inilah hipotesis diterima dengan taraf signifikansi 5%, artinya adanya pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Rustini Wulandari, S. Sos., M. Si.; Nadiatus Salama, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Dai; Dai selebriti; Media Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2015 10:32
Last Modified: 04 Dec 2015 10:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics