Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok jajaran genjang dan belah ketupat (studi tindakan kelas di MTs Miftahul Falah Rembang kelas VII B semester 2 tahun pelajaran 2009-2010)

Lailaturrohmah, Lailaturrohmah (2010) Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok jajaran genjang dan belah ketupat (studi tindakan kelas di MTs Miftahul Falah Rembang kelas VII B semester 2 tahun pelajaran 2009-2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63511028.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang dalam materi pokok segiempat khususnya jajargenjang dan belah ketupat, peserta didik masih kesulitan menggambar bentuknya, mengidentifikasikan sifat-sifat dan ciri-cirinya, dan juga kesulitan menghitung luasnya. Oleh karena itu diperlukan alat peraga sebagai contoh kongkrit dari apa yang dipelajari. Selain itu dalam proses pembelajaran peserta didik juga cenderung kurang mampu belajar mandiri, dan juga kurang mampu menerangkan apa yang dipelajarinya ke peserta didik lain seperti terlihat dalam proses diskusi kelompok. Keadaan ini membuat penulis merasa harus menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching atau pembelajaran berbalik yang lebih menekankan pada belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana peningkatan hasil belajar pembelajaran pada materi pokok jajargenjang dan belah ketupat dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran reciprocal teaching peserta didik semester genap kelas VII B MTs Miftahul Falah Rembang tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B MTs Miftahul Falah Rembang tahun pelajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observassi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik rata-rata kelas 6,0 dan ketuntasan belajar 75%. Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Pada Siklus 1 dilaksanakan dua pertemuan dan Siklus 2 dilaksanakan dengan dua pertemuan. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik 73,51 dengan ketuntasan belajar klasikal 71,43%. Kemudian pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu mencapai 79,87 dengan ketuntasan belajar klasikal 91,42%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah digunakan alat peraga dan model pembelajaran reciprocal teaching. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dalam model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik semester 2 kelas VII B MTs Miftahul Falah Rembang tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok jajargenjang dan belah ketupat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Reciprocal teaching; Media pembelajaran; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Hj. Lift Anis Ma’shumah, M. Ag.; Hj. Minhayati Shaleh, M. Sc.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jan 2016 09:15
Last Modified: 05 Jan 2016 09:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4871

Actions (login required)

View Item View Item