Manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMP N 2 Penawangan Grobogan

Ulinnuha, Luthfa (2014) Manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMP N 2 Penawangan Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093311019_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311019_bab1.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311019_bab2.pdf - Accepted Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311019_bab3.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311019_bab4.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311019_bab5.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311019_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (128kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Kajiannya dilatarbelakangi dengan sarana yang menunjang dalam peningkatan mutu pendidikan. Terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah sangatlah penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Karena dalam proses pembelajaran sarana atau perlengkapan sekolah mempunyai pengaruh besar terhadap program belajar-mengajar.Maka dari itu dibutuhkan adanya manajemen sarana dan prasarana yang baik sehingga dapat menunjang layanan terhadap kualitas pendidikan. Rumusan masalah : (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP N 2 Penawangan Grobogan, (2) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP N 2 Penawangan Grobogan, (3) Bagaimana Pengorganisasian sarana dan prasarana pendidikan di SMP N 2 Penawangan Grobogan (4) Bagaimana pengawasan sarana dan prasarana pendidikan di SMP N 2 Penawangan Grobogan. Jenis penelitian kualitatif lapangan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan deskriptif yaitu peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada. Analisis penelitian kualitatif ini dilakukan bersama dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen sarana dan prasarana di SMP N 2 Penawangan Grobogan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam penerapan manajemen sarana dan prasarana di SMP N 2 Penawangan Grobogan masih ada hambatan, akan tetapi juga ada upaya-upaya dalam mengenai hambatan tersebut. Adapun hambatan-hambatan dalam pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan yaitu : (1) Dalam pengadaan barang yang diinginkan terkadang tidak langsung dapat dipenuhi oleh sekolah, (2) Untuk penataan, barang-barang yang ada di ruang kelas atau kantor maupun di gudang simpan, terkadang sering pindah tanpa sepengetahuan petugas yang bersangkutan sehingga pada saat barang akan digunakan tidak ada. Kemudian upaya-upaya mengenai hambatan tersebut yaitu : (1) Pengadaan barang disesuaikan dengan dana yang ada, serta melihat skala atau tingkat kepentingannya, (2) Memberi saran kepada guru dan karyawan, jika memindahkan barang-barang harus sepengetahuan pengelola sarana dan prasarana, serta menata kembali pada tempat semula.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sarana dan prasarana, pelayanan pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 12 Jan 2016 07:36
Last Modified: 12 Jan 2016 07:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item View Item