Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mapel PAI Materi Pokok Iman Kepada Rasul Melalui Penerapan Pendekatan CTL (Studi PTK pada Siswa Kelas V SDN 1 Sijeruk Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal Tahun 2011/2012)

Maslihah, Maslihah (2012) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mapel PAI Materi Pokok Iman Kepada Rasul Melalui Penerapan Pendekatan CTL (Studi PTK pada Siswa Kelas V SDN 1 Sijeruk Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal Tahun 2011/2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111143_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111143_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111143_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111143_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111143_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111143_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111143_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran PAI pada kelas V SDN 1 Sijeruk Kecamatan Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya motivasi belajar siswa, dan hasil belajar yang rendah. Dalam penelitian ini ditawarkan penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI materi pokok iman kepada rasul Allah. Pendekatan kontektual merupakan pendekatan pendidikan yang melakukan kegiatan pembelajaran yang lebih dari sekadar menuntun para siswa dalam menggabungkan subjek-subjek akademik dengan konteks keadaan mereka sendiri. CTL berusaha melibatkan para siswa untuk mencari makna “konteks” itu sendiri. Dalam pembelajaran kontekstual siswa diharapkan mengerti apa makna dari belajar, manfaatnya, dalam status apa yang mereka pelajari berguna bagi hidupnya nanti. Dengan demikian dimungkinkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil pembelajaran siswa kelas V SDN 1 Sijeruk Kecamatan Kendal. Rumusan permasalahan yang dimunculkan dalam penelitian ini yaitu, “Apakah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi pokok iman kepada rasul kelas V SD Negeri 1 Sijeruk Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal tahun 2012?” Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah diterapkannya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI. Perubahan yang terjadi antara lain meningkatnya keaktifan belajar siswa dan meningkatnya hasil belajar siswa. Pada aspek keaktifan, pra siklus 71.25%, siklus I bernilai 76.74%, dan pada siklus II menjadi 94.53%. Sedangkan pada aspek hasil belajar pada pra siklus rata-rata nilai hanya mencapai 54.75, pada siklus I didapatkan rata-rata kelas 72.25, dan dari siklus II diperoleh nilai rata-rata 81.59. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran PAI materi pokok iman kepada rasul dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Sijeruk Kendal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Iman Kepada Rasul; Pendidikan Agama Islam; Hasil Belajar; Pendekatan CTL
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 08:09
Last Modified: 04 Dec 2013 08:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item