Pengaruh intensitas dzikir al-Asma' al-Husna terhadap pengamalan agama siswa (studi kasus di SD Isriati Baiturrahman 2 Semarang)

Asrori, Ahmad (2015) Pengaruh intensitas dzikir al-Asma' al-Husna terhadap pengamalan agama siswa (studi kasus di SD Isriati Baiturrahman 2 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
091111002.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji secara empiris pengaruh intensitas dzikir al-asma’ Al-Husnaterhadap pengamalan agama siswa di SD Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel pengaruh intensitas dzikir al-Asma’ Al-Husnasebagai variabel independen dan variabel pengamalan agama siswa sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV dan V yang berjumlah 320 siswa;. Subyek penelitian sebanyak 60 responden, pengambilan sampelnya menggunakan teknik Strafiid propotional random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan angket dengan menggunkan skala Likert, data yang diperoleh dari angket yang disebar pada responden, Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan progam SPSS 16.0. Hasil penelitian adalah ada pengaruh antara intensitas mengikuti dzikir al-Asma’ Al-Husnaterhadap pengamalan agama siswa ditunjukan dari hasil koefisien pengaruh F sebesar 63.344 dengan nilai signifikansi (p value) 0,000. F regresi sebesar 63.344 lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 0,05 = 1,6706 dan F tabel 0,01 = 2,3851 dengan nilai signifikan (p value) 0,000. Oleh karena nilai signifikansi F regresi > F tabel, dan nilai signifikan (p value) lebih kecil dari 0,05. dan Nilai R Square sebesar 0,522 menunjukkan besarnya pengaruh intensitas mengikuti dzikir al-Asma’ Al-Husnadalam menjelaskan variabel pengamalan agama sebesar 52,2%. Adapun sisanya sebesar 47,8% dijelaskan oleh prediktor lain dan kesalahan-kesalahan lain (error sampling dan non sampling). Hasil penrlitian ini berarti semakin tinggi intensitas mengikuti dzikir al-Asma’ Al-Husna, maka semakin tinggi pengamalan agama siswa, sebaliknya semakin rendah tingkat pengamalan agama mengikuti dzikir al-Asma’ Al-Husnarendah tingkat pengamalan agama siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Ismawati, M. Ag.; Ema Hidayanti, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Dzikir Asmaul Husna; Pengamalan agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Feb 2016 02:39
Last Modified: 13 Feb 2016 02:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item