Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Materi Pokok Wudlu melalui Metode Demonstrasi Kelas I SD N 1 Langenharjo Kendal

Juwariyah, Juwariyah (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Materi Pokok Wudlu melalui Metode Demonstrasi Kelas I SD N 1 Langenharjo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111145_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111145_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111145_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111145_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111145_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111145_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111145_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran PAI di SDN 1 Langenharjo masih bersifat teoritis dengan menggunakan metode ceramah sebagai metode dominan. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang aktif serta kurang tertarik terhadap pembelajaran PAI, terutama materi wudlu. Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu : 1)Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran PAI materi pokok wudlu kelas I SDN 1 Langenharjo Kendal. 2)Untuk mengetahui relevansi metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI materi pokok wudlu kelas I SD N 1 Langenharjo Kendal. Penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Reseach) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan : 1)Yang harus dilakukan oleh para guru dalam pelaksanaan metode demonstrasi dalam mata pelajaran PAI materi pokok wudlu kelas I SD N 1 Langenharjo Kendal, yaitu guru harus mempersiapkan RPP dan perangkat pembelajaran dengan baik. Guru harus meningkatkan motivasi peserta didik. Guru harus lebih dapat menjelaskan alur pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi guru harus mendemonstrasikan wudlu secara pelan-pelan. Guru menyuruh peserta didik untuk mengamati segala kegiatan demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan teman yang sudah bisa. Guru mengisi lembar Observasi siswa. 2)Prestasi belajar pada mata pelajaran PAI materi pokok wudlu kelas I SD N 1 Langenharjo Kendal dapat diketahui dengan pre test peserta didik, setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar peserta didik mencapai 69,64% secara klasikal. Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik mencapai 74,77 % secara klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI materi pokok wudlu kelas I SD N 1 Langenharjo Kendal karena telah mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Wudlu; Demonstrasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 08:04
Last Modified: 04 Dec 2013 08:04
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item