Implementasi Kurikulum PAI Terpadu Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati

Zawawi, Abdullah (2010) Implementasi Kurikulum PAI Terpadu Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Zawawi_Tesis_Coverdll.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zawawi_Tesis_Coverdll.pdf - Submitted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zawawi_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zawawi_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (53kB) | Preview
[img] Text
Zawawi_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
Zawawi_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
Zawawi_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zawawi_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Pendidik sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pendidikan harus memahami kurikulum. Keterlibatan pendidik dalam rangka keberhasilan pelaksanaan kurikulum sangat penting, sehingga kegagalan guru dalam memahami dan menerjemahkan materi-materi yang dikehendaki oleh kurikulum, akan berimplikasi juga pada kegagalan penerapan kurikulum dan pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa untuk mengetahui suatu lembaga pendidikan dapat memenuhi apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa dilihat dari kurikulum yang disediakan. Hal ini tidak terlepas dari pendidik sebagai pelaksana kurikulum dan dari metode yang digunakan. Latar belakang tersebut mengarahkan penulis untuk mengetahui secara mendalam tentang implementasi kurikulum PAI Terpadu Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kurikulum PAI terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Kabupaten Pati sehingga pada akhirnya dapat diketahui kurikulum apa yang diterapkan di sekolah sebenarnya dan untuk menggambarkan faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat terhadap penerapan kurikulum PAI terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Kabupaten Pati. Penelitian ini meneliti tentang kurikulum PAI terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitif, yaitu penelitian yang tujuan utamanya untuk menerangkan kondisi apa adanya. Secara metodologis penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di kancah lapangan terjadinya gejala-gejala atau peristiwa. Penelitian ini merupakan bagian dari jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan keutuhan gejala atau peristiwa dengan memahami makna dari gejala atau peristiwa tersebut. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, intervieu dan dokumentasi, sedangkan analisanya dengan analisis deskriptif-inpertretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati menerapkan kurikulum PAI terpadu meskipun hasilnya belum sempurna, akan tetapi sekolah tersebut memiliki komitmen dan kemauan yang kuat dan terus berusaha semaksimal mungkin dalam mengimplementasikan kurikulum PAI terpadu tersebut. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kurikulum PAI terpadu di SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati diantaranya: (1) faktor pendukungnya terletak pada tiga permasalahan pokok, yaitu guru sebagai pelaksana kurikulum, biaya penyelenggaraan pendidikan yang ketiga saran dan prasarana pendukung yang ada. (2) faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum PAI terpadu, khususnya dalam proses belajar mengajar secara garis besar, yaitu kondisi sosial budaya, agama dan ekonomi, baik bagi para pendidik maupun siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar Islam Terpadu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2013 08:29
Last Modified: 04 Dec 2013 08:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item