Dampak Perempuan Bekerja terhadap Keharmonisan Keluarga pada Pasangan Muda (Study Kasus Desa Sumur Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal)

Sholakhuddin, M (2012) Dampak Perempuan Bekerja terhadap Keharmonisan Keluarga pada Pasangan Muda (Study Kasus Desa Sumur Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082111029_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111029_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111029_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111029_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111029_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111029_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111029_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (7kB) | Preview

Abstract

Dengan kondisi Desa Sumur Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal yang jauh dari perkotaan dan sulitnya akses transportasi untuk menuju Desa Sumur dan sarana prasarana pelayanan masyarakat seperti sekolahan dan lain sebagainya di Desa Sumur sangat terbatas menjadikan bertambahnya kesulitan masyarakat Desa Sumur untuk dapat berkembang. Dengan mayoritas pekerjaan masyarakat Desa Sumur sebagai buruh tani yang penghasilannya sangat kecil dibandingkan dengan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-harinya. Dengan kondisi kehidupan yang penuh dengan kesulitan dan kekurangan, karena alasan ekonomi, akibatnya tidak sedikit anak-anak yang putus sekolah dan harus bekerja untuk membantu orang tua, bahkan tidak sedikit wanita di Desa Sumur yang bekerja untuk membantu ekonomi keluarga seperti jadi buruh tani di sawah atau kebun, buruh pabrik, wiraswasta dan bahkan ada yang harus rela meningalkan keluarganya bekerja di luar negeri sebagai TKI. bahkan lebih ironisnya lagi banyak anak-anak yang usianya masih muda sudah menikah karena alasan ekonomi, tidak ada pilihan kecuali menikah, dengan alasan untuk mengurangi beban ekonomi keluarga. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui kehidupan pasangan muda di Desa Sumur Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal dan dampak perempuan bekerja dalam kehidupan keharmonisan keluarga. Metodologi yang digunakan: 1) Jenis penelitian lapangan 2) Sumber data adalah data-data yang berkaitan dengan penelitian. Seperti surat atau keterangan. 3) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, menyebar angket dan interview. 4) Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif, diantaranya ialah deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penelitian yang telah diteliti, maka dapat disimpulkan bahwa selain istri berperan sebagai ibu rumah tangga (domestik) ia juga berperan dan ikut berpartisipasi mencari nafkah untuk pemenuhan ekonomi keluarganya. Dengan bekerja maka perekonomian keluarga bertambah secara tidak langsung maka keluarga akan jadi lebih sejah tera dengan terpemuhinya sebagian besar kebutuhan keluarga. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga juga dapat menambah hubungan jadi lebih harmonis karena antara suami dan istri saling melengkapi dan mengisi untuk mencapai keluarga yang sakinah, mawadah dan rahmah dengan berlandaskan agama yang kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perempuan kerja; Keharmonisan Keluarga; Pasangan Muda
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhsiyyah
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 05 Dec 2013 04:49
Last Modified: 05 Dec 2013 04:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item