Evaluasi Program Pembelajaran Qur’an Hadis Kelas IX MTs al-Ma’arif Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu dengan Menggunakan Pendekatan Model CIPP (Context, Input, Process, Product)

Khamdani, Iqbal (2012) Evaluasi Program Pembelajaran Qur’an Hadis Kelas IX MTs al-Ma’arif Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu dengan Menggunakan Pendekatan Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Iqbal_Tesis_sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan. Dalam bidang pendidikan, hasil evaluasi ini dapat dijadikan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik dan/atau stake-holder tentang berbagai aspek yang terkait dengan pelaksanaan dan hasil yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah program pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Al-Ma’arif Kaliwadas, Bumiayu ditinjau dari komponen context, input, process, dan product. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kerangka berpikir bahwa untuk mengetahui keberhasilan suatu program pembelajaran, tidak hanya dievaluasi dari satu aspek saja, tetapi harus menyeluruh. Hal tersebut untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki. Salah satu model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (context, input, process, product). Sementara evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Al-Ma’arif Kaliwadas, Bumiayu sampai saat ini baru dari aspek menilai hasil belajar peserta didik yang berupa laporan hasil penilaian Ulangan Tengah Semester (UTS) dan Ulangan Akhir Semester (UAS). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskrptif evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komponen context yang meliputi dukungan madrasah, dukungan orang tua, kompetensi yang diajarkan, dan pencapaian kompetensi secara umum menunjukkan kecenderungan baik, (2) komponen input yang meliputi kemampuan awal siswa, kesungguhan siswa dalam pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, dan peraturan madrasah menunjukkan kecenderungan baik dan cukup, (3) komponen process yang meliputi kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan jadwal, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran dinilai baik, namun demikian, guru menemukan beberapa hambatan dalam pembelajaran, dan (4) komponen product menunjukkan ketuntasan, baik dari kecakapan akademik, maupun perubahan sikap dan perilaku siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar program pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Al-Ma’arif Kaliwadas Bumiayu tetap dilanjutkan dengan memperbaiki hal-hal sebagai berikut: (1) Guru hendaknya memperbaiki metode mengajar, (2) sarana dan prasarana hendaknya diupayakan untuk memperlancar pembelajaran, (3) pengetahuan dan kemauan guru dalam mempergunakan alat peraga perlu ditingkatkan, (4) kedisiplinan siswa hendaknya diupayakan secara bersama-sama antara guru dengan kepala madrasah, dan (5) guru hendaknya dapat menindaklanjuti hasil evaluasi siswa dengan remidail teaching dan pengayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program Pembelajaran; Model CIPP (Context, Input, Process, Product); Evaluation of Teaching Program
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2013 00:53
Last Modified: 16 Sep 2013 00:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item